Iklan Responsive

JenisJenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi

TENTANG ILMU.com. Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi. Rebung merupakan tunas bambu belia yang tumbuh diantara akar-akar rumpun bambu. Pada umumnya bambu yang telah tua tak jarang digunakan buat bahan-bahan kerajinan maupun bahan bangunan, sedangkan bambu belia atau rebung sering dimanfaatkan buat bahan olahan pangan seperti sayur dan lainnya.
Banyak sekali jenis-jenis spesies bambu yang tumbuh di Indonesia serta mampu dikatakan semua spesies bambu terdapat pada Indonesia. Namun berdasarkan banyaknya sepesies bambu yg terdapat, nir semua rebungnya sanggup dikonsumsi atau dibuat bahan olahan pangan.
Mungkin diantara Anda pernah merasakan jenis makanan yang bahannya memakai rebung. Salah satu makanan yg berbahan rebung merupakan lumpia semarang, selain dipakai sebagai isi lumpia, rebung juga seringkali digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah.
Semakin kreatifnya orang di global masakan, saat ini rebung pula acapkali diolah sebagai berbagai macam makanan olahan misalnya tepung rebung, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan juga asinan rebung.
Namun, misalnya apa yg sudah aku utarakan diatas nir semua jenis rebung bambu mampu digunakan untuk bahan olahan pangan, hanya jenis-jenis rebung bambu eksklusif saja yg bisa dikonsumsi. Jenis rebung yang tidak sanggup dikonsumsi pada umumnya berasa getir jika dijadikan makanan.
Silahkan baca jua  : Mengenal Tumbuhan Gadung

Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Berikut ini jenis-jenis rebung bambu yang umumnya dikonsumsi dan menjadi bahan olahan pangan yg enak. Jenis-jenis rebung bambu yang enak dikonsumsi ini dia saya dapatkan dari hasil riset serta penelitian dalam bunda-bunda tempat tinggal tangga yg terdapat di loka saya yang sering memanfaatkan rebung menjadi bahan sayur.
1. Rebung Bambu Petung.
Bambu petung merupakan jenis bambu yang berukuran besar , jenis bambu ini mampu tumbuh serta mencapai ketinggian sampai 15 meter. Rebung bambu ini, selain mempunyai berukuran yg besar pula sangat lezat bila dijadikan bahan makanan. Para mak -bunda rumah tangga seringkali memanfaatkan rebung ini buat dijadikan sayur rebung.
Rebung%2B1.jpg
Rebung Bambu Petung

2. Rebung Bambu Wulung.
Bambu wulung adalah bambu yang berwarna biru agak kehitaman, jenis bambu ini acapkali digunakan menjadi bahan-bahan kerajinan, baik itu kursi dan juga kerajinan tempat tinggal tangga lainnya. Selain rebung bambu petung, rebung bambu wulung pula dapat dijadikan menjadi bahan olahan makanan yang lezat buat dikonsumsi.
Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Rebung Bambu Wulung

3. Rebung Bambu Ampel
Bambu ampel adalah bambu yang mempunyai rona kulit hijau mengkilat, bambu ini juga tak jarang dipakai buat bahan-bahan kerajinan tempat tinggal tangga. Yang unik berdasarkan bambu ini adalah ketika masih basah kulit bambu akan berwarna hijau mengkilat, tetapi jika bambu ini disimpan dan mengering kulit bambu akan berubah menjadi kuning.
Seperti halnya rebung bambu petung dan rebung bambu wulung, rebung bambu apel juga enak bila dijadikan makanan. Bahkan poly yg mengatakan jika jenis rebung bambu ampel ini cita rasanya lebih lezat daripada rebung menurut bambu petung serta bambu wulung.
Jenis-Jenis Rebung Yang Enak Dikonsumsi
Rebung Bambu Ampel
Itulah tiga jenis rebung yang enak dan sanggup dikonsumsi menurut hasil riset dan penelitian yang aku lakukan ditempat saya. Sebenarnya kemunkinan akbar masih poly sekali jenis rebung berdasarkan spesies bambu yang lain yg bisa dikonsumi. Tetapi disini saya hanya mampu menyebutkan 3 spesies bambu itu saja.
Jenis-jenis nama bambu yang saya sebutkan diatas, mungkin di loka lain bisa jua mempunyai nama atau sebutan yang tidak selaras walaupun sebenarnya sama, serta yang membedakan hanya pada penyebutannya saja.
Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh
Selain bisa dikonsumsi dan dijadikan makanan, ternyata rebung juga memiliki manfaat lain bagi tubuh manusia terutama bagi kesehatan.
Seperti dikutip dari Wikipedia, ternyata rebung mempunyai kandungan karbohidrat, protein, serta dua belas asam amino penting yg sangat diharapkan oleh tubuh. Mengkonsumsi rebung secara teratur diyakini dapat menghambat aneka macam jenis penyakit termasuk kanker.
Silahkan baca juga : Mitos Asam Urat Karena Mengkonsumsi Melinjo

Kandungan Gizi Dalam Rebung
Jumlah rebung per 100 g mengandung :
  • Kalori (kcal) 27
  • Jumlah Lemak 0,3 g
  • Lemak jenuh 0,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
  • Lemak tidak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 4 mg
  • Kalium 533 mg
  • Jumlah Karbohidrat 5 g
  • Serat pangan dua,dua g
  • Gula 3 g
  • Protein dua,6 g
  • Vitamin A 20 IU
  • Vitamin C 4 mg
  • Kalsium 13 mg
  • Zat besi 0,5 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B6 0,dua mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Magnesium 3 mg
Indonesia memang kaya akan aneka macam tumbuh-tanaman . Selain kaya akan tumbuh-flora orang-orangya pula kreatif dalam menciptakan banyak sekali macam olahan pangan serta galat satu olahan pangan yang dihasilkan merupakan dari rebung.

Demikian tentang beberapa jenis rebung yg enak buat dikonsumsi. Semoga apa yang aku tulis disini mampu bermanfaat bagi semua

Sumber gambar : Dokumen Pribadi
Referenssi : Wikipedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel