Fungsi Tugas dan Kedudukan Puskesmas Bahan Skripsi

Bahan Skripsi
Fungsi Puskesmas 

Untuk membuat pedoman implementasi manajemen, lebih mudah apabila uraiannya menurut fungsi Puskesmas. Puskesmas diera desentralisasi memiliki tiga fungsi yaitu: 

Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan 
Menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan mempunyai makna bahwa Puskesmas wajib berperan menjadi motor serta motivator terselenggaranya pembangunan yg mengacu, berorientasi dan dilandasi oleh kesehatan sebagai faktor pertimbangan utama. Pembangunan yang dilaksanakan di kecamatan, seyogyanya yang berdampak positif terhadap lingkungan sehat dan perilaku sehat, yang muaranya adalah peningkatan kesehatan rakyat. 

Memberdayakan rakyat dan memberdayakan keluarga 
Pemberdayaan warga adalah segala upaya fasilitasi yang bersifat non konstruktif guna menaikkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat agar sanggup mengidentifikasi perkara, merencanakan serta melakukan pemecahannya menggunakan memanfaatkan potensi setempat dan fasilitas yang terdapat, baik berdasarkan instansi lintas sektoral juga LSM serta tokoh rakyat. Pemberdayaan keluarga merupakan segala upaya fasilitasi yg bersifat non instruktif guna menaikkan pengetahuan dan kemampuan famili supaya bisa mengidentifikasi perkara, merencanakan dan merogoh keputusan untuk melakukan pemecahannya dengan sahih, tanpa atau dengan bantuan pihak lain. 

Memberikan pelayanan kesehatan taraf pertama 
Pelayanan kesehatan tingkat pertama merupakan pelayanan yang bersifat ‘absolut perlu’, yang sangat diharapkan sang sebagian besar warga dan mempunyai nilai strategis buat menaikkan derajat kesehatan warga . Upaya pelayanan kesehatan taraf pertama yang diselenggarakan Puskesmas bersifat keseluruhan, komprehensif, terpadu dan berkesinambungan. 


Kedudukan Puskesmas
Kedudukan puskesmas dalam Sistem Kesehatan Kabupaten/Kota merupakan menjadi berikut: 

Aspek Fungsional 
  • Di petugas pelayanan kesehatan rakyat, Puskesmas adalah unit pelaksana pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama yang dibina oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. 
  • Di petugas pelayanan medik, Puskesmas adalah unit pelaksana pelayanan medik dasar taraf pertama yang secara teknis bisa berkoordinasi dan berafiliasi dengan RSUD Kabupaten/Kota. 
  • Dalam Sistem Kesehatan Nasional, Puskesmas berkedudukan menjadi fasilitas pelayanan kesehatan taraf pertama yg adalah ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. 
Aspek Organisasi 
Puskesmas merupakan organisasi struktural serta berkedudukan sebagai unit pelaksana teknis Dinas dipimpin sang seorang kepala, yg berada di bawah serta bertanggungjawab kepada kepala Dinas Kabupaten/Kota serta secara operasional dikoordinasikan oleh Camat. Rumusan organisasi Puskesmas sebagai UPTD menurut Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dapat dijelaskan sebagai berikut: 

Puskesmas memiliki tugas teknis operasional, yaitu tugas buat melaksanakan kegiatan teknis yg secara pribadi berhubungan dengan masyarakat. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota memiliki tugas buat memutuskan struktur organisasi Puskesmas dengan pertimbangan beban kerja serta potensi sumberdaya yg tersedia di Puskesmas
Tentang-soal.