Iklan Responsive

Fantastis Inilah Jumlah Desa Dan Kelurahan Yang Ada Di Indonesia

Fantastis! Inilah Jumlah Desa Dan Kelurahan Yang Ada Di Indonesia. Berdasarkan data terakhir yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri, sampai menggunakan Oktober2019 tercatat terdapat 74.053 desa serta 8.300 kelurahan (total jumlah desa serta kelurahan sebagai 82.353), Wow, sangat fantastis!!. 
Semua desa serta kelurahan tersebut tersebar di 34 Provinsi, 511 Kabupaten/Kota serta 7000 lebih kecamatan. Jumlah tersebut tentu akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya wilayah lokal yg gencar melakukan pemekaran daerah.
Data menarik lain adalah jumlah sebaran penduduk Indonesia, hingga menggunakan athun baru2019, tercatat sebanyak 45% (112,5% juta jiwa) dari total jumlah penduduk Indonesia tinggal pada desa. Indonesia sendiri terdiri menurut 17.504 pulau akbar dan mini (Kementerian Dalam Negeri, 2012) menggunakan luas wilayah 5.200.000 km2, terdiri dari kurang lebih 3.300.00 km2 bahari dan 1.900.000 km2 daratan.
Fantastis! Inilah Jumlah Desa Dan Kelurahan Yang Ada Di Indonesia

Jumlah penduduk Indonesia telah mencapai lebih kurang 250 juta jiwa. Indonesia menempati peringkat keempat terbesar pada global setelah Tiongkok, India serta Amerika Serikat. Meskipun jumlah penduduk yang tinggal pada pedesaan hanya 112,5% juta jiwa atau 45% menurut total jumlah penduduk yang ada, namun sebenarnya jumlah penduduk yang tinggal pada kota merupakan berasal menurut desa.
Baca jua :  Pengertian Tentang Desa

Dengan kabar tadi diatas, hal itu menampakan serta juga menegaskan bahwa  :
  1. Desa tetap sebagai kesatuan warga paling lebih banyak didominasi pada mempengaruhi kehidupan rakyat Indonesia.
  2. Modal yang sangat krusial buat membentuk Indonesa yang akbar, maju, makmur dan sejahtera.
  3. Desa adalah aset penting pembangunan bagsa serta negara.
Undang-undang Nomor 6 Tahun2019 mengenai Pemerintahan Desa (UU Desa) : Dalam UU ini ditegaskan bahwa, Desa merupakan kesatuan warga aturan yg memiliki batas wilayah yg berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan Pemerintahan, kepentingan rakyat setempat menurut prakarsa masyarakat, hak berasal-usul serta/atau hak tradisional yg diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kondisi Sumber Daya Manusia (SDM)
Sebuah Negara yg besar serta pula maju, makmur serta sejahtera tentu sebagai dambaan kita seluruh. Negara Indonesia sebenarnya sangat potensial buat meraih tujuan tersebut, karena bangsa kita diberkahi kekayaan alam yg melimpah, letak yang strategis dalam perdagangan internasional, jumlah penduduk yang sangat besar dan daerah yg luas.
Namun, aneka macam kekayaan tadi tidaklah akan mempunyai arti apa-apa bila nir dibarengi menggunakan pembangunan menurut segi Sumber Daya Manusianya. Selama ini bagsa kita terlalu penekanan pada pembangunan infrastruktur akan tetapi mengabaikan pembangunan pada bidang SDM nya.
Untuk membangun Indonesia yg maju, makmur, serta sejahtera, kunci primer lainnya adalah kualitas sumber daya insan (SDM). Namun kondisi SDM kita sampai waktu ini masih cukup memprihatinkan. Berdasarkan data tahun2019 menerangkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indonesia berada pada peringkat ke 121 berdasarkan 187 negara yg ada. Indonesia berada jauh dibawah negara-negara tetangga seperi Singapura (peringkat 18, Malaysia (peringkat 64), Thailand (peringkat 103) dan bahkan berada pada bawah Filipina (peringkat 114).
Begitu juga apabila dicermati menurut struktur angkatan kerja. Angkatan kerja Indonesia masih didominasi oleh lulusan SD (Sekolah Dasar), yakni sebesar 55,tiga juta (46,8 %) dari total seluruh angkatan kerja. Data dari World Economic Forum (WEF,2019) memperlihatkan bahwa daya saing Indonesia berada pada peringkat ke-38 serta masih lebih rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara misalnya Singapura (peringkat dua), Malaysia (peringkat 24) dan Thailand (peringkat 37).
Fakta-informasi memprihatinkan terkait SDM rakyat Indonesia ini tentu sebagai pekerjaan rumah bagi kita semua. Dalam hal ini Pemerintah tentu tidak akan sanggup bekerja sendirian buat menaikkan kualitas manusia Indonesia apabila nir didukung sang seluruh unsur yang terdapat, terutama rakyat itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel