Definisi dan Pengertian Bentuk Negara Bentuk Pemerintahan dan Sistem Pemerintahan

BENTUK NEGARA


Bentuk negara terdapat 3 :

  1. Bentuk Negara Federasi

Bentuk negara ini adalah terdiri menurut negara-negarabagian yg bergabung dalam suatu negara, di mana kekuasaan buat mengaturnegara baik kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif pada atur olehpemerintah sentra atau central administration.

  1. Bentuk Negara Konfederasi

Bentuk ini merupakan gabungan beberapa negara yg mempunyaikedaulatan penuh buat mengatur negara masing-masing kedalam dan keluar. Dalamsuatu bentuk Negara Kon-federasi. Disamping itu kekuasaan untuk mempertahankandiri berdasarkan serangan luar negara –negara lain atau kekuasaan angkatan perang jugadiserahkan pada pemerintah Kon-federasi.

  1. Bentuk Negara Kesatuan

Bentuk ini merupakan dimana seluruh wilayah negara beradadi pada suatu penguasaan pemerintah yang mampu berdaulat kedalam dan keluarsetiapwilayah negara itu di brikan kewenangan buat mengurus tempat tinggal tangganyasendiri berdasarkan asal usul wilayahnya itu. Di dalam negara kesatuan bisa terjadihanya terdiri sang satu etnis atau bangsa terdiri dari beberapa etnis, dimanaetnis-etnis bangsa itu tersebut memiliki perasaan senasib sepenanggungan yangbercita – cita buat membangun suatu negara kesatuan pada bawah satupemerintahan.

BENTUK PEMERINTAHAN      


Secara garis besar bentuk pemerintahan terdapat 2 yaitu :

  1. Monarki
a.Monarki mutlak

Monarki mutlak adalah bentuk pemerintahan dimanaseluruh kekuasaan, baik itu legislatif, eksekutif dan yudikatif berada ditanganraja sebagai penguasa tunggal negara.

    1. Monarki Konstitusional

Adalah suatu kerajaan dimana kekuasaan raja dibatasioleh Undang-Undang dengan tujuan melindungi rakyat dari tindakansewenang-wenang raja.
  1. Republik

    1. Republik Absolut ( Republik Kediktatoran )

Republik absolut ( RA ) merupakan suatu bentuk pemerintahanyang mengatasnamakan masyarakat tapi dalam kenyataannya kekuasaan masyarakat hanyadilakukan oleh penguasa tertinggi pada pada negara, jadi kekuasaan eksekutif,legislatif dan yufikatif, berada pada satu tangan. Bentuk pemerintahan yangdemikian itu sebenarnya nir banyak tidak sinkron dengan bentuk pemerintahan Monarkiabsolut. Bedanya dalam bentuk pemerintah republicabsolute, tahta kekuasaan tidak mampu pada berikan pada anaknya, tapi dalammonarki absolut dapat diwariskan.
b.Republik demokratik

Republik demokratik merupakan suatu bentuk pemerintahandimana warga memiliki kedaulatan tertinggi, sehingga kekuasaan executive,yudicatif serta legislative berada pada rakyat secara eksklusif dan atau nir langsungmelalui wakil-wakilnya. Pengaturan pembagian kekuasaan di dalam Negara, diatur dalamUUD, diatur dan dibentuk sang masyarakat tercantum pada UUD.


SISTEM PEMERINTAHAN


1.Sistem Tirani

Adalah sistem di mana seseorang itu sangat berkuasasekali, sehingga apa yg dikatakannya wajib dilaksanakan oleh semua aparatpemerintah dan oleh seluruh warga .
2.Sistem Aristokrasi

Aristokrasi berasal menurut kata aristo, yg berartiningrat serta krasi berarti kekuasaan. Aristokrasi adalah pemerintahan yangdijalankan oleh orang-orang ningrat menjadi orang-orang keturunan daripadaraja-raja yang baik.
3.Sistem Timokrasi

Timokrasi dari menurut kata timos dan krasi, yangmasing-masing berarti kekayaan dan kekuasaan. Dalam sistem ini negaradiprerintah atau dikendalikan oleh orang-orang kaya saja.
4.Sistem Oligarki

Oligarki dari menurut istilah oligo dan archea yg berartimasing-masing sama sedikit dan kekuasaan. Negara dalam sistem ini diprerintahatau dikendalikan oleh orang-orang sedikit sekali.
5.Sistem Demokrasi

Demokrasi berasal menurut istilah demos serta kratos atau kratiayang masing-masing berarti masyarakat dan kekuasaan. Negara dalam sistem ini adalahkepunyaan masyarakat seluruhnya.
6.Sistem Mabokrasi

Mabokrasi dari menurut kata mob dan krasia yangmasing-masing berarti orang mabuk dan kekuasaan. Pemerintahan mabokrasidikendalikan oleh orang-orang yang sudah tidak sanggup lagi mengendalikan diri,sehingga negara berada di pada keadaan kacau atau anarki.    
Tentang-soal.