Iklan Responsive

Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop

TENTANG ILMU.com. Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop. Adobe photoshop merupakan acara yang memang dikhususkan untuk editing foto, walaupun dengan photoshop mampu pula dipakai buat menciptakan logo serta jua tuliisan. Dengan semakin berkembangnya kemajuan kini photoshop semakin memanjakan penggunanya dengan menambahkan banyak sekali fitur yg sanggup digunakan untuk mengedit foto dan salah satu fitur yang cukup populer merupakan content aware.
Content-Aware merupakan suatu perintah pada photoshop buat menghapus atau menghilangkan object eksklusif tanpa Mengganggu foto aslinya. Misalnya apabila kita ingin menghapus obyek benda yang ada yg kebetulan Mengganggu pemandangan , kita akan buat seleksi yang mengelilingi benda tersebut lalu menghapusnya, tetapi foto yg kita rubah akan lerlihat bolong dibagian yg kita dihapus. Namun menggunakan dengan menggunakan content-aware ini, photoshop akan mengisi secara otomatis bagian yang bolong tersebut secara sempurna dan serasi menggunakan foto atau fill disekitarnya.
Sebagai contohnya silahkan Anda lihat gambar berikut  :
Gambar 1 Tidak Menggunakan Content Aware.
Content%2Baware%2B4.jpg

Gambar 2 Dengan Menggunakan Content Aware.
Content%2Baware%2B5.jpg
Nah, sekarang Anda mampu membedakannya, bila fitur content aware ini merupakan keliru satu fitur pintar yang terdapat di photoshop. Jika Anda tertarik buat mempraktekkan fungsi menurut content aware ini silahkan Anda baca panduannya pada artikel Cara Menghilangkan Objek Foto Dengan Photoshop.
Di Photoshop CS Berapakah Fitur Content Aware Ini Ada
Tidak seluruh seri photoshop terdapat fitur content aware ini, Adobe menambahkan fitur ini dimulai berdasarkan Photoshop CS4. Fitur content-aware ini memang cukup fenomenal, fitur ini disambut secara antusias oleh pelaku foto karena sangat memberi kemudahan luar biasa pada proses edit foto.
Fitur Content Aware juga acapkali diklaim sebuah fitur pandai selain fitur lain yg terdapat pada Adobe Photoshop. Dibilang pandai lantaran dalam proses menggunakan fitur ini Photoshop akan mencoba menganalisa content yg ada atau isi berdasarkan sebuah foto tersebut serta kemudian memilih menggunakan sendirinya cara terbaik buat memperbaiki foto yang diedit.
Macam Macam Content Aware Menurut Serinya
Seperti sudah saya sebutkan diatas fitur ini pertama kali timbul di Adobe Photoshop versi CS4 yaitu fitur Content Aware Scaling. Setelah timbul pada  Photoshop versi CS4 kemudian muncul fitur baru lagi pada Photoshop versi CS5 yaitu Content Aware Fill dan Content Aware Healing. Berikut ini masing-masing berdasarkan fitur Content Aware  yg ada di photoshop agar Anda bisa memahami fitur Content Aware ini.
1. Content Aware Scaling
Fitur Content Aware Scaling adalah yang pertama kali ada yaitu di Photoshop versi CS4. Jika Anda inggin menggunakannya silahkan klik pilihan menu Edit > Content-Aware Scale. Fitur ini fungsinya hampir mirip menggunakan Free Transform Tool. Namun bedanya, menggunakan Content Aware Scale ini, Photoshop lebih pandai buat mengetahui elemen yg terdapat dalam foto sehingga terlindungi dari proses stretching atau scaling.
2. Content Aware Fill
Fitur Content Aware Fill ini pula mirip menggunakan Stamp Tool dan Patch Tool. Fitur ini bisa digunakan melalui menu Edit > Fill. Setelah kita memilih area yang kita inginkan untuk proses yg akan diedit, langkah berikutnya menggunakan Stamp Tool dan Patch tool apabila kita akan menentukan dimana area yg akan kita jadikan sample buat mengisi (fill) dalam area yang kita tentukan sebelumnya. Dengan memakai content aware fill, Photoshop secara otomatis akan cukup pandai untuk menentukan sendiri dimana area yg cocok buat dijadikan sample serta mengisi (fill) area yg kita inginkan tadi.
3. Content Aware Healing
Content Aware Healing adalah merupakan fitur baru yang dapat Anda gunakan waktu Anda menggunakan Spot Healing Brush Tool pada Toolbar. Tipe Spot Healing Brush ini hanya ada dua macam yaitu Proximity Match dan Texture. Tipe Spot Healing Brush ini buat menentukan bagaimana Photoshop bekerja buat memperbaiki (heal) spot dalam foto.
Di Photoshop CS5 atau versi yg baru, Adobe menambahkan tipe baru yaitu Content Aware. Dengan ditambahkannya fitur baru ini Photoshop akan lebih pintar dalam memperbaiki atau heal spot menurut content dalam foto ataupun gambar tadi. Hasilnya nir akan terlalu terlihat seperti ketika memakai tipe yg sebelumnya yaitu (Proximity Match dan Texture) dalam memperbaiki spot dalam foto.
Demikian mengenai Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop, semoga berguna bagi Anda yang suka atau memang menekuni pekerjaan pada bidang editing foto, mohon maaf bila banyak kesalahan pada penyampaiannya. Salam Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel