Iklan Responsive

CIRI CIRI MAKANAN MENGANDUNG FORMALIN

Formalin merupakan nama dagang untuk larutan yg mengandung 40% formaldehid (HCOH) pada 60% air atau adonan air dengan metanol sebagai pelarutnya. Larutan formalin sangat mudah bercamour dengan bahan kuliner dan bila masuk kedalam tubuh akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Ketika formalin masuk kedalam tubuh maka formalin akan bereaksi dengan hampir seluruh zat didalam sel. Selanjutnya formalin akan menekan fungsi sel sehingga bisa mengakibatkan kematian sel dan dan mengakibatkan keracunan, iritasi lambung, serta juga alergi.
CIRI CIRI MAKANAN MENGANDUNG FORMALIN

Jika kandungan formalin pada tubuh tinggi, bisa mengakibatkan seseorang muntah, diare yg bisa disertai darah, kencing bercampur darah, dan yang lebih parah sanggup mengakibatkan kematian dampak kegagalan aliran darah. Pada perempuan formalin mampu menyebabkan gangguan menstruasi, toksemia, anemia dalam kehamilan, dan sanggup mengakibatkan keguguran.
Walaupun pengaruh formalin bagi kesehatan sangat berbahaya, namun para pembuat kuliner yang kurang bertanggung jawab atau mungkin kurang mengerti dampak negatifnya bagi kesehatan seringkali menggunakan formalin buat pengawet makanan pada produknya. Jenis makanan yg sering menggunakan formalin merupakan tahu, bakso, ikan asin, ikan segar, mie basah, dan ayam pangkas.
Sebenarnya makanan yg mengandung formalin bisa dikenali ciri-cirinya, sehingga kita sebagai konsumen nir tertipu serta dapat menghindarinya. Berikut ini karakteristik-karakteristik makanan yg mengandung formalin  :
  1. Tahu  :  Tahu yg mengandung formalin akan memiliki bentuk serta tekstur yg lebih elastis, bentuknya sangat mengagumkan dan menarik serta pula tidak gampang hancur, memahami berformalin mampu bertahan dalam beberapa hari, tidak mudah busuk dan berbau khas formalin.
  2. Bakso  :  Bakso yg memakai formalin bersifat sangat elastis, bakso sanggup bisa bertahan sampai lima hari.
  3. Ikan Asin  :  Ikan asin berformalin akan awet hingga lebih dari satu bulan, ikan ini memiliki warna lebih bersih dan lebih cerah, nir berbau khas ikan asin, nir gampang hancur dan lalat nir akan mau menghinggapi ikan ini.
  4. Ikan Basah  :  Ikan basah yang diawetkan menggunakan formalin akan mempunyai warna putih bersih, bersifat elastis, insangnya nir lagi berwarna segar namun merah tua, tidak gampang busuk serta tahan beberapa hari.
  5. Ayam Potong  :  Ayam potong yang mengandung formalin berwarna putih bersih, nir mudah busuk, nir dihinggapi lalat dan bisa bertahan lama .
  6. Mie Basah  :  Jenis mie basah yg menggunakan formalin ketika dipegang mie terasa sangat kenyal atau liat, beraroma obat meskipun sudah dicuci beberapa kali. Mie jenis ini kan mampu bertahan selama 2 hari meskipun berada diudara terbuka. Mie berformalin terasa hambar, tidak gurih, lembut, dan empuk seperti mie yang memakai telur.
Itulah 6 karakteristik-karakteristik makanan yang mengandung formalin, kita sebagi konsumen sebaiknya lebih berhati-hati dalam membeli makanan, karena skarang ini poly sekali makanan yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Demikian yg mampu aku sampaikan semoga berguna bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel