Iklan Responsive

Cara Membuat Watermark Pada Sebuah Foto

TENTANG ILMU.com. Cara Membuat Watermark Pada Sebuah Foto. Selamat pagi semuanya, semoga hari ini sebagai hari yg menyenangkan bagi kita semua, Amin. Lama tidak membuat artikel tentang photoshop cita rasanya kangen jua untuk otak-atik foto menggunakan pelaksanaan yg satu ini. Pada kesempatan ini kembali aku akan membuatkan pengetahuan tentang photoshop, yaitu cara menciptakan watermark dalam sebuah foto.
Sebelum kita masuk ke cara membuat watermark pada sebuah foto dengan menggunakan photoshop, alangkah baiknya kita tau terlebih dahulu apa itu watermark. Mungkin sebagian berdasarkan Anda pula telah tau apa itu watermark, namun mungkin pula terdapat yang belum tau.
Cara Membuat Watermark Pada Sebuah Foto

Watermark adalah sebuah goresan pena atau sebuah logo yg biasa kita jumpai pada sebuah karya digital ataupun manual. Watermark dibentuk untuk menunjukkan bukti diri dari orang yang punya karya tersebut atau yg menciptakan karya tadi.
Bentuk dari watermark ini sangatlah majemuk terdapat yang berupa tulisan singkat dan terdapat juga berupa logo yg adalah merk berdasarkan si pencipta sebuah karya. Dengan dibubuhkannya watermak ini maka oleh pencipta karya sekaligus mampu berpromosi. Selain itu watermark jua berfungsi sebagai hak cipta buat melindungi sebuah karya.
Pada umumnya watermark seringkali kita jumpai dalam sebuah karya foto, poly blogger yang membubuhkan nama blognya sebagai watermak dalam foto maupun gambar output karya mereka yang dipasang sebagai pelengkap sebuah artikel.
Cara Membuat Watermark Pada Sebuah Foto
Banyak cara yg sanggup pakai untuk menciptakan watermark ini, namun yg akan kita bahas disini merupakan cara membuat watermark menggunakan menggunakan pelaksanaan photoshop. Sebelum kita membubuhkan watermak dalam sebuah foto, terlebih dahulu kita harus mempunyai logo atau merk kita yanga akan kita jadikan watermark.
Dengan telah mempunyai logo terlebih dahulu tentunya disetiap kita akan membubuhkan watermark pada foto kita nir usah repot lagi membuatnya, selain itu dengan membubuhkan watermark yg sama disetiap karya kita, itu akan sebagai point lebih tersendiri bagi yg melihat karya kita.
Ok, kayaknya udah kepanjangan yah pengantarnya, bikin yang baca malah tambah malas, hi...hi... Maklum budaya kita. Berikut langkah-langkahnya yang wajib dipersiapkan buat membuat watermark pada sebuah gambar dengan photoshop.
Alat dan bahan
  1. Aplikasi photoshop, disini saya menggunakan photoshop CS5, tetapi dalam CS yang sebelumnya juga sanggup. 
  2. Sebuah logo atau goresan pena menggunakan format PNG.
  3. Gambar/Foto.
Langkah Pertama.
Buka aplikasi photoshop Anda, kemudian klik file -> Open (Ctrl+0) kemudian pilihlah gambar atau foto yg adalah hasil karnya Anda sendiri.
Langkah Kedua.
Setelah foto terbuka dalam lbr kerja photoshop, silahkan klik file kembali kemudian klik place, pilih logo yang akan dijadikan watermark pada foto Anda.
Langkah Ketiga
Setelah logo watermark terbuka silahkan atur akbar kecilnya watermark yang ingin Anda sematkan menggunakan cara menarik crop dalam logo, sesuaikan dari asa Anda. Untuk penempatan watermark silahkan jua berdasarkan selera Anda mau ditempatkan dimana, caranya dengan drag gambar logonya.
Cara Membuat Watermark Pada Sebuah Foto

Langkah Keempat.
Setelah ukuran serta penempatannya telah sinkron, silahkan klik kanan pada logo serta klik place.
Langkah Kelima.
Agar logo sendikit agak samar dan tidak terlalu menggangu gambar, silahkan samarkan dengan menggunakan Blending Option. Caranya klik kanan pada layer logo -> pilih blending option -> Pada blending option pilih bled mode sebagai multiply rubah opacity sebagai 50 klik ok.
Cara Membuat Watermark Pada Sebuah Foto

Langkah Keenam
Simpan foto Anda dengan cara klik file -> Save as, pilih format yang ingin Anda pakai pada foto Anda, baik itu JPEG maupun PNG. Selesai.
Silahkan simak juga : Content Aware Fitur Pintar Di Photoshop

Demikian cara menciptakan watermark dalam sebuah foto dengan memakai photoshop. Watermark atau mampu jua disebut menggunakan indikasi tangan dibilang penting ya penting dibilang nir ya mampu pula tidak krusial, seluruh terkembali dalam diri kita masing-masing.
Pemberian watermark sebaiknya digunakan dalam gambar atau foto yang sahih-benar milik atau hasil karya kita sendiri, jangan sampai gambar yg Anda comot dari internet kemudian diberi watermark milik Anda, lantaran hal itu sanggup dimasukkan pada kategori melanggar hak cipta orang lain.
Kiranya itu saja yang bisa aku sampaikan dalam tutorial photoshop kali ini, semoga apa yg aku sampaikan berguna serta selamat mencoba dan berkreasi. Salam Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel