Iklan Responsive

Cara Membuat Bibit Setek Batang

TENTANG ILMU - Cara Membuat Bibit Setek Batang. Pada artikel yg sebelumnya pernah aku bahas tentang Tehnik Pembuatan Bibit Secara Okulasi serta Sambungan. Pada kesempatan ini, balik saya masih membahas menggenai flora, yaitu Cara membuat bibit setek dan cangkok.
Cara setek flora sangat banyak jenisnya, setek dibagi dari bagian yg diambilnya diantaranya adalah, Setek akar, Setek batang dan Setek pucuk. Setek akar dalam prakteknya sangat sporadis dilakukan dalam pohon yang berkayu.
Ciri-karakteristik flora yang umumnya disetek akar
  1. Tumbuhan tersebut nir berbuah (termasuk spora) 
  2. Walupun berbuah dan berbiji tetapi sulit serta bahkan nir mampu di semaikan.
  3. Terdapat anakan yg tumbuh disekitar induknya yg asal bukan berdasarkan biji.
Contoh tanaman yg bisa di setek akar
  1. Tumbuhan tidak berkayu melalui rimpang  : Kunyit, jahe, Lengkuas, Ubi, Talas.
  2. Tumbuhan tak berkayu melalui sulur  : Strawberi, Enceng Gondok.
  3. Tumbuhan tak berkayu melalui tunas  : Bambu, Pisang.
  4. Tumbuhan berkayu  : Sukun
Setek batang
Setek batang umumnya digunakan untuk memperbanyak tanaman buah-buahan. Yang perlu diperhatikan pada setek batang adalah dalam pemilihan bahannya, batang yg terlalu tua kurang baik karena akarnya sulit buat tumbuh, Cabang yang terlalu muda pula kurang baik karena teksturnya masih lunak sehingga proses penguapannya akbar, hal ini akan membuahkan bibit setek lemah dan tewas. Pohon buah yang sanggup di setek btg diantaranya, Ketela, Mangga, Delima, Jeruk Manis Dll.
Syarat Dan Cara Membuat Bibit Setek Batang
Syarat-syarat melakukan setek
  1. Pohon induk yg dipilih adalah yg berumur nir terlalu tua dan tidak terlalu muda, serta telah berbuah setidaknya tiga kali.
  2. Pohon induk tampak bertenaga, cubur serta nir terserang hama dan penyakit.
  3. Pilihlanh cabang yang akan di stek yg berukuran sebanyak pensil, kulitnya berwarna coklat muda serta kulitnya halus.
  4. Bentuk cabang tegap lurus, panjangnya kurang lebih 20-30 centimeter. Cabang tersebut memiliki daun yang poly dan telah pernah berbuah
Cara Membuat Bibit Setek Batang.
  1. Potong bahan setek menggunakan pisau tajam sebagai akibatnya bagian atas potongan homogen serta halus dengan kemiringan sekitar 30 derajat.  Pajang setek 10-30 cm atau memiliki 1-3 mata tunas. Daun pad setek relatif disisakan 1-dua lbr, lalu daun pangkas stengahnya.
  2. Siapkan media tanam yang terdiri berdasarkan tanah yang dicampur pupuk sangkar atau kompos yg sudah jadi (pebandingan 1:1 atau 1:2). Tanam setek pada media menggunakan cara dimiringkan kurang lebih 45 derajat. Kemudian tutup menggunakan plastik transparan untuk mengurangi penguapan, jaga kelembaban media setek menggunakan menyiram air secara rutin
Demikian ulasan kali ini mengenai cara menciptakan bibit setek batang, mohon maaf bila banyak salah kata, semoga saja berguna serta bisa buat diterapkan. Sekian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel