Iklan Responsive

Cara Budidaya Vanili Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Ceritatani.com - Cara Budidaya Vanili Dengan Praktis Dan Menguntungkan. Pada masa kejayaanya buah vanili harganya sangat melambung tinggi, bahkan harga vanili per 1 kg nya waktu itu bisa mencapai 300-400 ribu. Namun tahun-tahun belakangan harga vanili turun drastis hinga mencapai level 50-100 ribu per kg nya.
Dengan turunnya harga vanili yang drastis, hal itu mengakibatkan para petani, sekarang ini kurang berminat untuk membudidayakannya lagi. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, karena sanggup-sanggup tanaman vanili akan serta produksi vanili akan semakin berkurang.
Kalau ditinjau berdasarkan propeknya sebenarnya budidaya vanili itu sangat menguntungkan, apalagi bila suatu saat harga vanili kembali naik lagi misalnya dulu. Memang budidaya vanili itu memerlukan perlakuan yg sedikit ekstra karena buat menghasilkan butir vanili kita wajib melakukan penyerbukan menggunakan cara mengawinkan bunga vanili.
Buah Vanili
Buah Vanili

Cara Pembibitan Vanili
Untuk menerima bibit vanili mampu dilakukan dengan cara memencarkan pohon vanili yg telah ada, karena sangat sporadis ada penjual bibit vanili pada pasaran, kalaupun tentu kita harus mendatangi para petani budidaya vanili.
Artikel Terkait :  Cara Menyimpan Vanili Kering Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama
Adapun buat memperbanyak bibit vanili, bisa dilakukan menggunakan dua cara yaitu  :
1. Cara pembibitan vanili yang pertama merupakan dengan memencarkan pribadi pohon vanili yang terdapat serta eksklusif ditanam di huma. Caranya, potong pohon panili dengan panjang 3-4 ruas, kemudian pribadi ditanam dilahan pada saat musim penghujan datang.
Adapun cara yang pertama ini, kadang kurang efektif, lantaran tingkat pertumbuhannya sanggup kurang aporisma.
2. Cara pembibitan vanili yang kedua, adalah menggunakan cara menanamnya terlebih dahulu didalam polybag. Adapun caranya  :
  • Siapkan polybag yang sudah diisi dengan tanah yg telah dicampur menggunakan pupuk sangkar.
  • Ambil pohon vanili lalu potong-potong tiga-4 ruas.
  • Tanam rabat pohon vanili pada polybag.
  • Setelah pohon vanili ditanam di polybag, kemudian tutup menggunakan plastik (Dicungkup).
  • Buka cungkup sesudah lebih kurang 2 minggu.
  • Setelah dua minggu, vanili pasti telah tumbuh, tunas muda disetiap ruasnya.
  • Rawat bibit vanili pada polybag dengan baik, dengan cara disiram air secukupnya setiap hari.
  • Jika tunas muda telah memanjang, baru bibit vanili siap buat ditanam dilahan, tentunya penanaman vanili yg cantik merupakan waktu demam isu penghujan mulai tiba.
Cara yg kedua ini bisa dibilang relatif efektif dalam pertumbuhannya dibandingkan dengan cara yg pertama, lantaran pohon vanili yang ditanam pada polybag terlebih dahulu tentu sudah memiliki akar yang cukup bertenaga waktu nantinya dipindah kelahan, selain itu bibit vanili pada polybag sudah tumbuh tunasnya.

Bunga Vanili
Bunga Vanili

Cara Penanaman Vanili
Pohon vanili biasa ditanam menggunakan cara menempatkan dalam pohon yg nantinya akan dijadikan merambat pohon vanili. Untuk memudahkan nantinya pada proses mengawinkan bunganya, usahakan pohon vanili ditanam dalam pohon induk yang tidak terlalu tinggi.
Bila Anda ingin membudidayakan vanili dengan berfokus, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan lahan yang sudah ditanami pohon yg akan dijadikan rambatan. Sedangkan buat pohon rambatannya Anda sanggup memanfaatkan pohon Gamal atau yg tak jarang dianggap menggunakan "Resede".
Pohon Resede merupakan pohon yang acapkali diambil daunnya buat makanan ternak kambing. Pohon resede ini sangat cocok apabila digunakan buat rambatan pohon vanili karena teksturnya yang tidak terlalu tinggi.
Demikian Cara Budidaya Vanili yg mampu Ceritatani sampaikan, walau harga buah vanili waktu ini sedikit menurun, nir ada salahnya jikalau pohon vanili ini permanen dibudidayakan, siapa tau suatu waktu harga vanili akan naik balik , serta bahkan bisa melampaui harga emas, karena dulu vanili sepat diklaim-sebut sebagai Emas Hijau. Semoga bermanfaat dan Salam Tani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel