Iklan Responsive

Bentuk Proses dan Komponen Pembelajaran Pendidikan

Bentuk-Bentuk Interaksi Pembelajaran 
Gillin dalam Maryati (2004: 65-71), mengungkapkan bentuk-bentuk hubungan pembelajaran. 

a) Kerja Sama 
Kerja sama adalah suatu usaha beserta individu atau kelompok buat mencapai tujuan beserta pada dalam merampungkan suatu tugas serta pekerjaan yg telah ditetapkan sebagai akibatnya mencapai daya guna serta output guna yang sebesar-besarnya. 

b) Akomodasi 
Akomodasi mempunyai 2 arti, yaitu yang menunjuk dalam keadaan serta yang menunjuk pada proses. 

c) Asimilasi 
Asimilasi merupakan usaha-usaha untuk mengurangi disparitas antar individu atau antar kelompok guna mencapai satu kesepakatan berdasarkan kepentingan serta tujuan-tujuan beserta. 

d) Alkulturasi 
Alkulturasi merupakan berpadunya 2 kebudayaan yg tidak selaras serta menciptakan suatu kebudayaan baru menggunakan tidak menghilangkan karakteristik kepribadian masing-masing. 

Proses interaksi pada pembelajaran 

a. Faktor Tujuan. 

b. Faktor Bahan Atau Materi Pengajaran. 

c. Faktor Pengajar Dan Peserta Didik 

d. Faktor Metode. 

e. Faktor Situasi 

f. Faktor sumber pelajaran 

g. Faktor indera serta alat-alat 

h. Faktor evaluasi. 

Komponen-komponen Pembelajaran 
Komponen-komponen tadi antara lain merupakan tujuan pedagogi yang ingin dicapai, materi pedagogi, metode pengajaran, media pengajaran, penilaian, guru, murid, administrasi pedagogi, sarana serta prasarana pedagogi (Sudaryo, 1990: 5). Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan pembelajaran merupakan “hubungan yang dikatakan menggunakan hubungan pendidikan jika secara sadar mempunyai tujuan buat mendidik, untuk mengantarkan siswa ke arah kedewasaan”. Di mana interaksi itu wajib diarahkan pada suatu tujuan eksklusif yg bersifat mendidik, yaitu adanya perubahan tingkah laku siswa kea rah kedewasaan.
Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel