Bahan Makalah ANTI VIRUS virustatika Farmasi

PENGERTIAN ANTIVIRUS (virustatika)

Virus(pada bahasa latin dan sanskerta : visham= racun) adalah mikro-organisme hayati yang terkecil, menggunakan ukuran antara 20dan 300 mikron. Di luar tubuh insan kerap kali virus berbentuk sepertikristal tanpa pertanda hayati, sangat ulet yaitu tahan asam dan basa, dan tahansuhu-suhu rendah serta tinggi sekali. Baru bila keadaan sekitarnya baik, sepertidalam tubuh insan atau fauna, kristal tersebut bernyawa balik danmemperbanyak diri.

Pengembanganobat anti virus baik sebagai pencegahan maupun terapi belum bisa mencapaihasil yang diinginkan, karena obat-obat anti virus selain merusak serta membunuhvirus, pula menghambat se-sel hospes dimana virus berada.

Sejumlahobat anti virus sudah banyak dikembangkan namun hasilnya belum memadai karenatoksisitasnya sangat tinggi. Hanya beberapa anti virus yg ketika ini dipakai,antara lain  idoksuridin dalam penggunaantopikal dan herpes simplex conjungtivitisserta asiklovir.
Asiklovir


Obat ini berguna terhadap herpes simplexdan herpes zoster, tanpa mengganggu fisiologi sel-sel tuan rumah. Aktivitasnyajauh lebih kuat dibandingkan virustatika lain.

Asikloviraktif terhadap virus herpes namun nir sanggup memusnahkannya, serta hanya efektifbila dipakai dalam awal penyakit.

Penggunaanasiklovir meliputi pengobatan sistemik serta topikal, termasuk herpes genitalis.asiklovir bisa merupakan obat penyelamat buat pasien herpes simpleks atauherpes zoster.

Efeksamping pada penggunaan parenteral adalah tromboflebitis pada tempat injeksi,kadang-kadang mual, muntah, tremor dan kekacauan. Secara lokal terjadi rasanyeri dan terbakar. Tidak bersifat karsinogen serta karsinogenik.

Idoksuridin(IDU)

Berkhasiatvirustatik terhadap sejumlah virus grup DNA.  Memiliki pengaruh samping yang sangat toksis bagihospes maka hanya digunakan secara lokal sebagai salep serta tetes mata.

Sediaan,Kontra Indikasi dan Efek Samping
1.asiklovir
Indikasi
Herpes simpleks dan varisella zoster
Kontra indikasi
Gangguan fungsi ginjal, kehamilan dan menyusui
Efek samping
Ruam kulit, gangguan saluran cerna, sakit ketua, gangguan neurologis.
Sediaan
Acyclovir (generik), tabl 200mg,400mg

2.idoksuridin (IDU)
Indikasi :terapi keratitis dalam herpes simpleks secara topikal

Spesialiteobat-obat anti virus

NO
GENERIK serta LATIN
DAGANG
PABRIK
1
Asiklovir (Acyclovirum)
Clinovir
Pharos


Poviral
Kalbe Farma
2
Methisoprinol
Isoprinosine
Darya Varia
Tentang-soal.