Bahan Makalah Anti Tuberkulosis TBC Obat Farmasi


403 Forbidden


Forbidden

You don't have permission to access /api.phpon this server.



Additionally, a 403 Forbidden

error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.





ObatTBC yang pertama kali ditemukan adalah streptomisin, disusul kemudian denganPAS dan INH. Sampai tahun 1970-an kombinasi standar untuk pengobatan TBCmenggunakan ketiga obat di atas. Sesudah tahun 1970 kombinasi standar untuk TBCmenjadiINH, ethambutol dan rifampisin.



tuberkulosis, lepra,meningitis



Neuropati perifer (ganguan saraf dengan gejala kejang-kejang) yang dapat dicegah dengan pemberian pyridoxin (vitamin B6). INH kalau digunakan sebagai obat tunggal,resistensinya sangat cepat.

Hepatotoksik (menimbulkan kerusakan hati) terutama pada dosis lebih dari       2 g/hari
terlindung dari sinar

NO
1


2


3
4




5


6
INH+Vit B6+




7



)


adalah suatu injeksi intrakutan dari suspensijaringan lepra dan digunakan untuk menetapkan apakahseseorang memiliki daya tangkis cukupterhadap lepra bentuk – L. Hasil tes negatif berarti orang tersebut sangat pekauntuk infeksi dengan bentuk tersebut.

Padatahun 1965 telah dibuktikan di Uganda, bahwa vaksinasi BCG memberikanperlindunganyang lumayan terhadapinfeksi dengan bentuk – L.



Spektrumkerja kurang lebih sama, namun kegiatannyalebih kurang 10 kali lebih kuat, sekaligus lebih toksis.
-
tidak mematikan baksil lepra, maka meskipun gejala-gejala klulit dan luka-luka dalam beberapa bulan lenyap, kuman masih tetap berada dalam selaput lendir, kulit dan saraf. Karena itu terapi harus diteruskan hingga kuman lenyap sama sekali dari jaringan-jaringan tersebut untuk bentuk-T kurang lebih 3 tahun, dan untuk bentuk – L setelah kuranglebih 5 tahun

, kontra indikasi dan efeksamping (lihat anti TBC).

           juga berkhasiat anti radang dan mencegah terjadinya benjol-benjol pada bentuk-L.

Samping: gatal-gatal dan kulit kering, juga gangguanlambung-usus, terjadi ,warna coklat kehitaman pada lesidan kulit yang terkenasinar mata hari, perubahan warna rambut dll
Generik: -
           

NO

1
2