Iklan Responsive

Aspekaspek Penyesuaian Diri Interaksi Pembelajaran

Aspek-aspekPenyesuaian Diri
            Muardin (2002), Penyesuaiandiri mempunyai 2 aspek yaitu: penyesuaian langsung serta penyesuaian sosial. Untuklebih jelasnya ke 2 aspek tersebut akan di uraikan sebagai berikut:
a.penyesuaianPribadi.

Penyesuaianpribadi merupakan kemampuan individu buat mendapat dirinya sendiri sehinggatercapai hubungan yang serasi antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya.
b.penyesuaianSosial.

Penyesuaiansosial terjadi pada lingkup hubungan sosial loka individu hayati danberinteraksi menggunakan orang lain. Hubungan-hubungan tersebut mencakup hubungandengan warga di kurang lebih loka tinggalnya, keluarga, sekolah, teman ataumasyarakat luas secara generik.

HubunganInteraksi Pembelajaran dengan Penyesuaian Diri Siswa

Interaksipembelajaran merupakan upaya imbas mensugesti secara timbal pulang antaraindividu dengan individu dengan individu, antara individu dengan gerombolan danantara grup dengan grup dalam rangka mencapai tujuan eksklusif.sedangkan penyesuaian dirimerupakan suatu proses bagaimana individu mencapai ekuilibrium diri dalammemenuhi kebutuhan sesuai menggunakan lingkungannya. Penyesuaian diri merupakan caratertentu yang dilakukan individu untuk bereaksi terhadap tuntutan diri maupuntuntutan lingkungan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan mengadakaninteraksi pembelajaran yang akan mengakibatkan individu memiliki relasipembelajaran yang luas sehingga memudahkannya pada menyesuaiakan denganlingkungan tempat diaberada.
Siswayang baru memasuki lingkungan sekolah yang baru, tak jarang mengalami kesulitandalam beradaptasi. Oleh karana itu diharapkan kemampuan mengadakanhubungan pembelajaran menggunakan lingkungannya, dalam hal ini interaksi pembelajaran.sebagaimana dikatakan olehWidayatun(1999: 134) bahwaberinteraksi pada hayati berkelompok, manusia dituntut buat menyesuaikan diri danmenyesuaikan diri atau membarui diri sesuai dengan keadaan lingkungan ataumengubah lingkungan sinkron dengan diri. Jadi bisa disimpulkan bahwa bahwa penyesuaian diri dapatdibagi dua yaitu penyesuaian diri yg autoplastis,yakni seorang yg bisa mengikuti keadaan sesuai menggunakan keadaanlingkungan (bersifat pasif) serta penyesuaian diri secara aloplastis, yakni seseorang mengubah lingkungan sesuai menggunakan keadaanatau keinginan dirinya.
Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel