Ajaran Hukum Kodrat Rudolf Stammler

Ajaran Hukum Kodrat Rudolf Stammler


Rudolf Stammler nir sependapat dengan ajaran hukumkodrat itu berlaku di mana saja, kapan saja, bagi siapa saja, karena RudolfStammler berpendirian bahwa kebenaran hukum itu selalu bergantung dalam keadaan,saat serta loka. Pendirian Rudolf Stammler tersebut didasari suatu kenyataanbahwa adanya hukum merupakan buat memenuhi kebutuhan insan di pada rakyat.kebutuhan manusia pada rakyat yg satu tidak sama menggunakan kebutuhanmanusia pada rakyat lainnya. Dengan demikian aturan yg berlaku dimasyarakat yang satu tidak sama jua menggunakan aturan yang berlaku pada masyarakatlainnya. Karena aturan dibutuhkan buat memenuhi kebutuhan warga , maka iaharus menyesuaikan diri pada setiap kebutuhan rakyat yang berbeda-beda.dengan istilah lain tidak mungkin hukum yg sama berlaku pada seluruh loka, semuawaktu serta semua orang sebagaimana yg dikemukakan sang aturan kodrat menurutpengertian yang klasik.

Namun demikian Rudolf Stammler berpendapat bahwa mungkinjuga ditemukan suatu aturan yang baik serta adil buat suatu bangsa eksklusif danuntuk ketika eksklusif asal saja dipahami benar-benar tentang kebutuhan masyarakattertentu itu. Ukuran untuk suatu hukum yg tepat dari Rudolf Stammleradalah aturan yang berlaku pada masyarakat yang anggotanya terdiri dariorang-orang yang berkehendak bebas. Masyarakat demikian oleh Rudolf Stammlerdikatakan menjadi suatu social ideal,yaitu masyarakat yang dicita-citakan. Masyarakat tadi dapat dicapaidengan  syarat :
1.ada asas salingmenghormati dalam warga , hal ini mangandung arti bahwa diantara paraanggota warga itu harus saling menghormati hak dan kewajiban merekamasing-masing.
2.ada asas turutambil bagian ( principle of participation ), ini berarti bahwa setiap anggotamasyarakat wajib diberi kesempatan buat turut ambil bagian dalam kehidupansosial masyarakat itu.
Tentang-soal.