Iklan Responsive

7 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Kalian Santap

Tutorial-informasi - Assalamu’alaikum dan selamat datang kembali ke website atau blog kita ini. Kali ini saya akan membawakan artikel yang berjudul MAKANAN KHAS SURABAYA. Indonesia kaya akan makanan – makanan khas dari berbagai kabupaten dan kota. Salah satunya dari kota Surabaya yang akan saya bahas di artikel kali ini.


            


Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa Timur. Dan merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia saat ini. Surabaya terkenal akan sebutan kota pahlawan, karena banyak sejarah – sejarah kemerdekaan yang banyak kita ketahui berasal dari Surabaya. Salah satu perjuangan yang terkenal contohnya Perjuangan arek – arek suboyo yang di semangati oleh salah satu faktor dari pidato bung tomo yang menggelora.
            
Terlepas dari sebutan kota pahlawan, Surabaya juga memiliki beragam makanan khas yang sudah banyak kita jumpai di berbagai kota lain, karena kelezatan dan kenikmatan yang dirasa saat memakan makanan tersebut, membuat banyak penjual yang sudah menjual makanan – makanan khas Surabaya.

Disini saya sudah merangkum beberapa makanan yang berasal dari Surabaya untuk saya sajikan menjadi sebuah artikel. Makanan – makanan apa sajakah itu ?

1.Bebek Mercon
            
Bagi teman - teman penikmat masakan pedas, saya menyarankan untuk mencoba makanan yang satu ini, karena makanan ini terkenal akan rasa pedasnya. Apalagi jika bukan Bebek mercon, makanan khas asal kota Surabaya yang satu ini di sajikan dengan bumbu yang sangat pedas. Sehingga saat pertama merasakan atau mencoba makanan yang satu ini mulut akan terasa sangat pedas, bahkan mulut anda terasa seperti  terbakar.
            
Nah.. cocok bagi anda penikmat kuliner – kuliner pedas yang ingin mencoba makanan – makanan pedas khas Indonesia. Dalam satu porsi atau satu piring Bebek mercon, terdapat bebek goreng, tahu goreng, nasi putih, lalapan, dan juga tidak tinggal sambal bumbu, jika masih merasa kurang pedas. Jika anda ingin mencoba atau mencicipi kuliner khas Surabaya yang satu ini, cobalah untuk datang berkunjung ke kota tersebut.

2. Pecel Semanggi
           
Kenapa saya memilih pecel semanggi ? Di karenakan sekarang makanan ttradisional yang satu ini mulai dilupakan oleh banyak orang, karna kalah persaingan dengan makanan – makanan baru atau yang berasal dari luar negri. Pecel semanggi merupakan satu – satu nya makanan khas Surabaya yang berbahan dasar semanggi. Semanggi merupakan jenis salah satu tanaman yang daunnya bisa kita makan.
            
Semanggi di kota Surabaya di oleh menjadi sebuah pecel khas yang biasanya di padukan dengan daun papaya sehingga disebut pecal semanggi. Bagi anda penikmat kuliner, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini dan mulai memperkenalkan kembai makanan khas negara Indonesia ini.

3. Kepiting Cak Gundul 1992
            
Bagi anda penikmat makanan seafood, coba sesekali datang ke Surabaya dan mencoba makanan yang udah masuk kategori Legendaris mungkin. Karena sudah ada semenjak negara api mulai menyerang :v, hehe becanda, tetapi sudah ada sejak 27 tahun yang lalu. Kebayang bukan makan di warung berumur 27 tahun.
           
Karena sudah terkenal dan ramai pembeli, akhirnya restaurant ini membuka cabang di beberapa kota – kota besar yang ada di Indonesia. Menu – menu yang ada di restaurant Cak Gundul ini terkenal akan kelezatan kepiting yang ukurannya bervariasi, di tambah hidangan menu seafood lain, ikan krapu, udang, dan ayam. Gimana guys, sudah pernah mencoba belum ? atau masih ingin merasakan tapi tidak tau lokasi ? untuk lokasi Kepiting Cak Gundul ini, berada di Jalan Raya Kupang Indah, No 45 C-D, Surabaya, Jawa Timur.
Dan untuk kisaran harga, dimulai dari harga Rp. 35.000 sampai Rp. 150.000

4. Sate Karak
            
Sate karak atau sate kerak merupakan makanan khas Surabaya yang saat ini makanannya sudah langka atau sudah jarang atau susah untuk kita temui. Di karenakan banyak nya makanan – makanan modern yang baru dan langsung viral di social media menyebabkan banyak masyarakat yang melupakaan makanan khas satu ini.
            
Sate karak atau sate kerak merupakan makanan yang berbahan sadar usus yang dalam penyajian nya disajikan dengan karaka atau nasi ketan hitam dan ditambah dengan parutan kelapa. Untuk alamat penjualan Sate karak atau sate kerak ini berada di kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya ( Kampung Arab ). Atau untuk alamat lebih jelas berada di :
Jalan Ampel Lonceng Nomor 60, Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur.
           
Untuk mencoba merasakan sate karak atau sate kerak ini, lebih baik langsung datang menuju alamat yang saya sebutkan tadi.

5. Rawon Setan
           
Rawon Setan merupakan makanan khas Surabaya , Jawa Timur. Rawon Setan ini terbuat dari semacam soto yang warna kuahnya berwarna hitam pekat. Warna hitam pekat pada Rawon setan ini berasal atau terbuat dari bumbu khas kluwak untuk pembuatan rawon.
            
Rawon setan terbuat dari potongan daging sapi yang di potong lebih besar dari potongan - potongan rawon pada umumnya. Untuk membuat perut lebih kenyang dan lebih puas, teksturnya empuk ketika di gigit. Sehingga gigi tidak terlalu sakit atau susah untuk memotong daging di dalam mulut. Selain itu, di dalan Rawon setan seing juga di tambah dengan tambahan jeroan atau kikil sapi.
            
Bagaimana? Cocok bukan bagi anda yang suka makan daging cobalah untuk berkunjung ke kota Surabaya dan mencoba masakan Rawon setan, siapa tau cocok dan bikin ketagihan..

6. Rujak CIngur
            
Makanan yang satu ini merupakan makanan khas yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Dan menjadi primadona di kota Surabaya, karena kita dengan mudah akan menemukan penjual - penjual rujak cingur di pingggiran kota Surabaya. Rujak cingur terbuat dari lontong , dan beragam sayuran serta buah - buahan yang menjadi pelengkap untuk rujak cingur ini, seperti kacang panjang, kangkung, bayam, tauge, nanas, mangga muda, kedondong, kemudian disiram dengan kuah kacang yang didalam nya terdapat petis dan cingur / hidung sapi sebagai bahan utama untuk pembuatan makanan tradisional khas Surabaya ini.

Lihat juga : Fachriyo.com (Blog tentang Kesehatan)
           
Itulah beberapa makanan – makanan khas Surabaya yang bisa kita coba jika berkunjung ke kota Surabaya , Jawa Timur. Dan sebagian makanan khas tradisional tersebut sudah mulai di lupakan oleh masyarakat kita, dan lebih memilih untuk mencoba atau membeli makanan – makanan luar daerah, bahkan lebih memilih untuk memesan makanan dari luar negri.
            
Di Negara Indonesia kita ini, kita memiliki ragam suku, adat , dan budaya. Serta kaya akan makanan – makanan khas nya. Cobalah untuk sesekali merasakan masakan dari suku atau lokasi luar daerah kampong kita, tapi masih berada di kawasan Indonesia. Sehingga kita mengetahui bagaimana rasa dan bumbu - bumbu yang ada di dalam makanan tersebut.
           
Itulah 7 makanan khas Surabaya yang wajib kalian santap saat berkunjung kesana. Dijamin kalian akan betah dan tidak mau pulang sebelum nambah makan beberapa kali. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel