Iklan Responsive

5 Makanan Penurun Kolesterol yang Sederhana Namun Rasanya Nikmat

Tutorial-informasi.net - Anda sedang mencari makanan penurun kolesterol yang sederhana tapi memiliki cita rasa enak? Makanan sehat sebagai salah satu metode penanggulangan masalah kolesterol kadang justru membuat enggan.



Sebab, identik dengan hidangan yang kurang kuat dari segi rasa. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak makanan alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh? Makanan Sederhana Penurun Kolesterol.

Bagi Anda yang penasaran tentang penganan rendah kolesterol dan juga dapat membantu menurunkannya, ini dia daftarnya :

1. Oatmeal

Menu yang satu ini biasanya identik dengan makanan untuk diet menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya, oatmeal yang terbuat dari biji gandum murni sangat rendah kandungan kolesterol. Mengonsumsinya secara teratur juga dapat membantu menyetabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oatmeal bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan susu rendah lemak.

2. Ikan Salmon

Mendengar tentang makanan penurun kolesterol yang satu ini mungkin membuat Anda mengernyitkan kening. Sebab, harganya relatif mahal. Namun, soal khasiat tidak perlu lagi diragukan. Ikan salmon mengandung Omega 3 yang bermanfaat signifikan menetralisir kolesterol jahat. Tidak perlu setiap hari, Anda cukup mengonsumsinya sekali dalam sepekan.

3. Kuaci

Siapa bilang mengonsumsi makanan ringan justru membuat kolesterol tubuh menumpuk? Kuaci adalah salah satu alternatif camilan yang dapat dipilih untuk menurunkannya. Terbuat dari biji matahari, kuaci mampu menetralisir lemak jahat dan melancarkan proses pelarutannya. Konsumsi kuaci dalam jumlah besar tidak akan berisiko kegemukan terhadap tubuh Anda.

4. Kacang Kedelai

Apakah ini berarti Anda harus mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh? Tentu tidak. Banyak alternatif olahan kedelai dengan kadar gizi yang tinggi. Contohnya : tempe, tahu, kembang tahu oncom, dan susu kedelai atau soya. Kandungan dari kedelai yang bermanfaat menurunkan kolesterol disebut isoplavon. Mengonsumsinya tiap hari tidak akan menimbulkan efek samping.

5. Jambu Biji

Buah-buahan memang dikenal memiliki banyak manfaat. Jenis buah yang termasuk dalam makanan penurun kolesterol adalah jambu biji. Jika ingin mengurangi kolesterol tubuh, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin minimal 1x sehari secara terus menerus selama 12 minggu. Fungsi lainnya dari jambu biji adalah menurunkan tekanan darah penyebab hipertensi.

Tips Pengolahan Makanan Penetralisir Kolesterol Tubuh

Apakah penganan-penganan di atas tidak disertai dengan aturan konsumsi? Pertanyaan seperti itu acap kali diajukan mengingat kasus pengonsumsian yang salah dari makanan di atas juga sering terjadi. Hasilnya? Bukan kolesterol tubuh turun atau ternetralisir, namun justru semakin meningkat. Lantas, bagaimana tips pengolahan penganan di atas yang tepat?

a) Gunakan Minyak Zaitun

Jika Anda ingin mengolah makanan yang menurunkan kadar kolesterol selain direbus, gunakan minyak zaitun. Contohnya untuk menggoreng olahan kacang kedelai. Dibandingkan minyak goreng biasa, makanan penurun kolesterol lebih direkomendasikan untuk diolah menggunakan minyak zaitun yang rendah kandungan lemak jenuhnya.

b) Pilih Susu Rendah Lemak

Ketika mencampurkan susu dengan deretan makanan di atas, pilih varian yang rendah lemak. Hindari jenis susu full cream yang memiliki lemak jenuh tinggi. Selain itu, meskipun sudah memilih susu rendah lemak, jangan sampai mengonsumsinya berlebihan.

c) Jangan Menggunakan Gula Berlebih

Ketika mengolah penganan dengan tujuan untuk menurunkan kolesterol, jangan menambahkan gula terlalu banyak. Sebab, hal itu dapat membuat kandungan glukosa dari makanan tersebut menjadi tinggi.

Padahal, glukosa merupakan salah satu pemicu kolesterol yang bersifat kronis. Jika memungkinkan, pilih gula rendah lemak yang saat ini cukup mudah ditemukan. Dengan rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol di atas, menetralisir kandungan lemak jahat tersebut akan lebih mudah.

Tentunya, Anda juga perlu memerhatikan metode pengolahannya agar tidak justru berubah menjadi zat toxic atau racun yang semakin merusak tubuh.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel