Iklan Responsive

4 Jenis Penyakit Pohon Kelapa Dan Cara Penanggulangannya

Ceritatani.com - 4 Jenis Penyakit Pohon Kelapa Dan Cara Penanggulangannya. Bila dipandang sekilas pohon kelapa akan nampak seperti tidak pernah terserang penyakit, tetapi sebenarnya pohon kelapa jua sanggup terserang hama penyakit seperti dalam tanaman lain pada umumnya. Pada umumnya pohon kelapa yang terserang penyakit akan menurun kualitas produksi buahnya.
Ada beberapa jenis penyakit yg mampu menyerang pohon kelapa, apabila penyakit-penyakit tadi nir ditanggulangi tentu produktifitas dan pertumbuhan pohon kelapa nir akan aporisma. Untuk itu sebelum kita menanggulangi penyakit pada pohon kelapa, akan lebih aporisma jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis penyakit yang menyerangnya.
Berikut ini 4 jenis penyakit pohon kelapa yg coba Ceritatani bagikan buat menambah wawasan Anda seluruh, terutama para petani kelapa.
4-Jenis-Penyakit-Pohon-Kelapa-Dan-Cara-Penanggulangannya

Jenis-Jenis Penyakit Pohon Kelapa
1. Penyakit Busuk Pucuk Dan Gugur Buah.
Jenis penyakit ini ditimbulkan oleh virus Phytoptora. Penyakit ini akan menyerang daun muda pohon kelapa dan akan mengakibatkan gugurnya butir kelapa belia. Ciri-ciri penyakit ini adalah, pelepah sebagai layu, pelepah muda sebagai kusut dan pelepah akan putus (istilah jawanya dengkleh).
Jika dibiarkan, penyakit ini akan membuat pertumbuhan pohon kelapa jadi kurang paripurna dan serta produktifitas buahnya akan berkurang lantaran butir kelapa akan gugur sebelum buah sebagai tua.
Cara Penanggulangannya  :
Pengendalian penyakit pohon kelapa jenis Phythoptora ini merupakan menggunakan cara disemprot fungisida. Atau bisa jua menggunakan cara suntik asam foras pada btg pohon kelapa.
2. Penyakit Pendarahan Batang.
Penyakit ini juga tak jarang disebut Kangker btg, penyakit jenis ini umumnya akan menyerang btg pohon kelapa sebagai akibatnya batang kelapa tak jarang mengeluarkan cairan misalnya darah.
Cara Penanggulangannya  :
Penyakit pendarahan batang ini sanggup ditanggulangi menggunakan cara memberi pupuk dalam pohon kelapa, adapun pupuk yang digunakan merupakan Phonska, KCL yang tinggi.
3. Penyakit Gonoderma
Penyakit gonoderma dalam pohon kelapa ini ditimbulkan karena pohon kelapa seringkali tergenang air, atau drainase nya kurang lancar. Penyakit ini akan menyebabkan pohon kelapa tewas dan tumbang.
Cara Penaggulangannya  :
Karena penyakit ini ditimbulkan sang genangan air yg nir lancar, buat menanggulangginya sebaiknya drainase atau saluran air disekitar tanaman kelapa dibentuk selancar mungkin agar air nir menggenang.
4. Penyakit Pestikano
Penyakit pestikano ini hampir mirip dengan penyakit busuk daun, tetapi perbedaanya penyakit ini hanya menyerang daun muda kelapa saja. Penyakit ini akan menyebabkan daun muda patah serta nir berkembang.
Cara Penanggulangannya  :
Adapun cara penanggulanggannya hampir mirip dengan penyakit Busuk pucuk yaitu menggunakan cara disemprot fungisida. Cara lain penanggulangan penyakit ini adalah dengan cara memangkas daun yg telah tua, supaya sanitasi disekitar daun kelapa belia sebagai lebih lapang.
Itulah 4 jenis penyakit yang sering menyerang phon pisang dan cara penanggulanggannya, semoga apa yg disampaikan disini sanggup berguna bagi petani yg membudidayakan tanaman kelapa. Salam Tani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel