10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

TENTANG ILMU.com. 10 Pulau Terbesar Di Dunia tiga Diantaranya Di Indonesia. Seperti yg pernah aku tulis pada artikel yg sebelumnya Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan. Banyak sekali pulau-pulau yang terdapat di Negeri kita tercinta ini. Mengenai berapa jumlah pulau yg terdapat pada Indonesia silahkan simak Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

Dari banyaknya jumlah pulau yg terdapat pada Indonesia ternyata, terdapat tiga pulau pulau yang termasuk pada jajaran 10 pulau terbesar di dunia. Sebagai rakyat negara kita patut bangga menggunakan hal ini, karena itu menandakan Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan asal daya alamnya.
Nah, anda penasaran pulau mana saja yg ada pada Indonesia yang termasuk pada 10 pulau terbesar di global?, berikut ini jawabannya.

1. Pulau Papua/Irian
Papua merupakan pulau pertama yg termasuk dalam 10 pulau terbesar besar di global. Pulau ini mempunyai luas 820.032.000 km2. Papua sangat kaya akan sumber daya alam, budaya, serta tradisinya. Salah satu sumber daya alam yang sangat terkenal serta masih hangat diperbincangkan adalah tambang emas freeport.
10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Selain asal daya alam seperti emas, papua pula memiliki pemandangan alam yg latif, terutama pantai-pantainya. Salah destinasi wisata yang sering dikunjungi sang wisatawan asing maupun domestik merupakan Raja Ampat, poly sekali pada Raja Ampat terdapat pantai-pantai yg begitu indah.
Satu lagi kekayaan yg banyak dimiliki sang papua yaitu pemain bolanya, banyak pemain bola yang bagus-mengagumkan lahir menurut pulau ini diantaranya adalah, Boas Salosa, Titus Bonai, Patrick Wangai, Octo Maniani serta masih poly lagi pemain yang acapkali menjadi langganan masuk Timnas Indonesia. Dan pada Papua jua juga masih ada sebuah club sepakbola yang menjadi kebanggaan rakyat papua serta jua Indonesia yaitu Persipura Jayapura.
2. Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan adalah pulau ke 2 pada Indonesia yang masuk dalam jajaran 10 pulau terbesar yang terdapat pada global. Luas pulau kalimantan merupakan 743.107.000 km2, sebenarnya pulau ini bukan hanya milik Indonesia, karena ada 3 Negara yg memilikinya yaitu, Indonesia. Malaysia, serta Brunei Darussalam.
10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Borneo merupakan sebutan lain berdasarkan pulau kalimantan, pulau ini terbagi pada 5 Provinsi yaitu, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Pada dulunya kalimantan merupakan satu provinsi sebelum adanya pemekaran daerah.
Pulau Kalimantan terkenal jua menggunakan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Ada 4 buah sungai yg termasuk pada jajaran 10 sungai terpanjang di Indonesia, sugai-sungai tersebut merupakan, Sungai Kapuas, Sungai Mahakan yg tepatnya berada pada Kalimantan Timur, Sungai Barito, serta sungai Seruyan.
3. Pulau Sumatera
Pulau Sumatera adalah pulau ketiga yg termasuk dalam 10 pulau terbesar pada global. Sumatera mempunyai luas 473.604.000 km2. Pulau sumatera terbagi pada 10 Provinsi diantaranya merupakan, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Lampung
10 Pulau Terbesar Di Dunia 3 Diantaranya Di Indonesia

Secara umum, pulau Sumatera didiami sang bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku akbar merupakan Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Suku Rejang, Ogan, Komering, serta Lampung. Di wilayah pesisir timur Sumatera dan pada beberapa kota-kota akbar misalnya Medan, Batam, Palembang,Pekanbaru, dan Bandar Lampung, poly bermukim etnis Tionghoa. Penduduk pulau Sumatera hanya terkonsentrasi di wilayah Sumatera Timur dan dataran tinggi Minangkabau. Mata pencaharian penduduk Sumatera sebagian akbar menjadi petani, nelayan, serta pedagang.
Andalas merupakan sebutan lain berdasarkan pulau Sumatera, pada pulau Sumatera dulu pula terdapat sebuah kerajaan besar yg bernama Kerajaan Sriwijaya. Hasil-output primer pulau Sumatera artinya kelapa sawit, tembakau, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam.
Dan berikut ini adalah daftar 10 pulau terbesar yang ada pada dunia.
10 PULAU TERBESAR DI DUNIA
NO
NAMA
PEMILIK
LOKASI
LUAS
1
Tanah Hijau
Denmark
Atlantik Utara
2.175.597.000 km­­­2
2
Papua/Irian
Indonesia
Pasifik Barat Daya
820.032.000 km2
3
Kalimantan
Ind/Maly/Brunei
Pasifik Barat Tengah
743.107.000 km2
4
Madagaskar
Madagaskar
Lautan Hindia
587.041.000 km2
5
Baffin
Kanada
Atlantik Utara
476.067.000 km2
6
Sumatera
Indonesia
Lautan Hindia
473.604.000 km2
7
Honshu
Jepang
Laut Jepang/Pasifik
230.315.000 km2
8
Inggris Raya
Inggris
Laut Utara
229.883.000 km2
9
Victoria
Kanada
Laut Arketik
217.290.000 km2
10
Ellesmere
Kanada
Laut Arketik
196.236.000 km2

Demikian tentang 10 pulau terbesar yang ada pada dunia dan tiga diantaranya berada pada negeri kita Indonesia ini, semoga bisa memberi tambahan tentang ilmu pengetahuan bagi kita semua. Maaf apabila poly keliru tulis serta banyak kekurangan. Salam.