Tehnik Cara Mencangkok Pohon Buah

Mencangkok sama halnya dengan setek, namun nutrisi yg didapat bibit cangkok berasal berdasarkan induknya. Setelah btg yang dicangkok mulai berakar barulah dipisahkan berdasarkan induknya. Bila ingin mencangkok usahakan pilih pohn induk yg nir terlalu tua serta nir terlalu belia, serta pohon sudah berbuah setidaknya sebesar tiga kali.
Cara mencangkok sebaiknya pilihlah induk yang tampak bertenaga, subur, dan tidak terserang hama penyakit. Cabang buat cangkok dipilih yang ukuran sebanyak pensil, berwarna cokelat belia dan kulitnya halus. Bentuk cabang tegap lurus, pajangnya lebih kurang 20-30 cm. Cabang tersebut mempunyai daun yg poly serta sedah pernah berbuah.
Silahkan baca jua  :  Tehnik Pembuatan Bibit Okulasi serta Sambungan
TehnikCara-Mencangkok-Pohon-Buah

Berikut ini tiga langkah cara mencangkok.
1. Pilih cabang tumbuhan yang akan dicangkok. Buat keratan melingkar pada kulit kayunya dengan jarak dua-3 cm. Kupas kulit kayu yang telah dikerat, lalu bersihkan kambiumnya yang tampak misalnya lendir . Caranya kerik lendir tersebut dengan punggung pisau, abaikan beberapa ketika sampai kemarau.
2. Bungkus luka menggunakan media lembab berupa tanah dicampur menggunakan pupuk kandang yg sudah jadi. Media lain yg dapat digunakan merupakan moss basah. Hancurkan kertas koran lembab, atau serabut kelapa. Kemudian media dibungkus dengan plastik. Ikat bagian bawah serta atas dengan tali agar media nir tanggal serta lembab.
3. Potong cangkokan jika sudah terlihat banyak akar yg keluar menurut bungkusan, yaitu kurang lebih 1-3 bulan selesainya pencangkokan. Pemotongan dilakukan kurang lebih 2 centimeter dibawah cangkokan dengan menggunakan gergaji. Daun pada cangkokan apabila perlu dikurangi buat mencegah penguapan yang hiperbola. Cangkokan yang telah dipotong siap untu ditanam, namun sebaiknya diberi naungan.
Benih/bibit merupakan merupakan kapital dasar pada berkebun buat buah-buahan unggul. Kesalahan dalam menentukan bibit akan sulit memperoleh output yg baik, walaupun dikelola menggunakan sempurnya. Oleh karena itu usahakan buat memilih benih yang benar-sahih baik apabila akan melakukan pencangkokan.
Demikian cara mencangkok pohon buah-buahan yang bisa aku sampaikan, semoga berguna buat seluruh.