Proses Penggolahan Gula Aren

TENTANG ILMU - Proses Penggolahan Gula Aren. Gula aren adalah gula yang dihasilkan berdasarkan penyadapan pohon aren atau nira. Gula aren acapkali jua dianggap gula jawa. Seperti pernah saya tulis di artikel aku yang terdahulu, pohon aren merupakan pohon yg sangat serbaguna, lantaran dari seluruh yg ada dipohon aren dapat dimanfaatkan. Mengenai pohon aren, silahkan Anda baca Mengenal Manfaat Pohon Aren Atau Enau
Untuk membuat gula aren yang siap dikonsumsi, tentunya melalui beberapa proses tahapan yang wajib dilakukan serta salah satunya yaitu penyadapan nira. Namun yang akan aku bahas disini adalah proses pengolahan nira menjadi gula aren. Mengenai penyadapan nira, silahkan Anda baca Mengintip Proses Penyadapan Nira Aren
Proses Penggolahan Gula Aren
Proses Pengolahan Gula Aren
1. Setelah nira diambil setiap pagi serta sore hari, para petani nira kemudian buat membuat gula aren, nira lalu dipanaskan pada tungku selama sekitar 5-6 jam.
Proses Penggolahan Gula Aren

2. Setelah kira-kira lima-6 jam dan nira suda mulai mengental barulah gula aren siap buat dicetak kedalam cetakan.
Proses Penggolahan Gula Aren

3. Cetakan yang umum dipakai oleh para petani umumnya terbuat dari tempurung kelapa, tetapi terdapat jua yang menggunakan bambu serta dakon.
Proses Penggolahan Gula Aren

4. Setelah gula aren dalam cetakan mengering, barulah gula mampu diambil, dalam penyimpanan gula aren, biasaya para petani membalutnya dengan daun jati atau menggunakan daun pisang yang sudah mengering (kelaras bahasa jawa). Hal itu dilakukan supaya kondisi gula permanen kering dan baik sebelum dijual.
Pada waktu ini harga gula aren berdasarkan petani dalam kisaran harga 15 hingga dengan 17 ribu. Para petani umumnya menjual gula aren pada pedagang pengepul juga dijual ke pasar tradisional.
Demikian proses pengolahan gula aren yg mampu saya sampaikan, semoga memberi wawasan serta pengetahuan Anda, terutama bagi Anda yang belum tahu mengenai gula aren. Semoga sanggup berguna bagi kita semua. Salam anggun seperti gula aren.