PENINAIAN STATUS GIZI SECARA LANGSUNG

PENINAIAN STATUS GIZI SECARA LANGSUNG 

Penilain status sizi secara pribadi merupakan cara evaluasi dimana penilai secara langsung mengambil dan mengusut specimen, mengukur, menimbang BB subjek (penderita). Penilaian status gizi secara langsung dapat dibagi menjadi empat evaluasi tadi yaitu : antropometri, klinis, biokimia, serta biofisik. Masing-masing evaluasi tadi akan dibahas secara umum sebagai berikut.

1. Cara Antropometri

Pengertian
Secara umum antropometri adalah berukuran tubuh manusia.ditinjau dari sudut pandang    gizi, maka antropometri gizi berhubungandgn banyak sekali macam pengukuran dimensi tubuh serta komposisi tubuh dari berbagaitingkat umur serta taraf gizi.  

 Penggunaan

    Antropometri secara umumdigunakan buat melihat ketidakseimbangan asupan protein dan energi. Ketidakseimbanganini terlihat pada pola pertumbuhan fisik serta proporsi jaringan tubuh misalnya :lemak, otot dan jumlah air pada tubuh.


2. Cara Klinis

 Pengertian

Pemeriksaan klinis merupakan  Metode yang sangat krusial untuk menilaistatus gizi rakyat. Metode inididasarkan atas perubahan-perubahan yang terjadi yg dihubungkan dengan ketidakcukupanzat gizi. Hal ini bisa dilihat dalam jaringan epithel (supervicialepithelial tissue) misalnya kulit, mata, rambut serta mukosa berkaitan dengan mulut atau padaorgan-organ tubuh yg dekat dangan bagian atas tubuh misalnya kelenjar tiroid.

Penggunaan

    Penggunaan metode iniumumnya dipakai untuk survei klinis secara cepat (rapid clinical surveys).  Survei ini dirancang buat mendeteksi secaracepat indikasi-indikasi klinis yg generik berdasarkan kekurangan galat satu atau labih zat gizi.  Disamping itu jua dipakai untuk mengetahuitingkat status gizi seorang dengen melakukan inspeksi fisik yaitu pertanda-pertanda(signs) dan gejala-gejala (symptoms) atau riwayat penyakit.

3. Biokimia

Pengertian

Penilaian status gizi dangan biokimia adalah Pemeriksaan spesimen yangdiuji secara pada laboratoris yg dilakukan pada berbagai macam jaringan tubuh.  Jaringan tubuh yang dipakai diantaranya : darah, urine, tinja serta jugabeberapa jaringan tubuh misalnya hati dan otot.
Penggunaan

Metode ini digunakan buat suatu peringatan bahwa kemungkinan akanterjadi keadaan manultrisi yang lebih parah lagi.  Banyak gejala klinis yg kurangspesifik,      

maka penentuan kimia faali bisa lebih poly menolong untukmenentukan kekurangan gizi ysng lebih spesifik.

4. Biofisik

Pengertian

Penentuan status gizi secara biofisik adalah. Metode penentuanstatus gizi dangan melihat kemampuan fungsi (khususnya jaringan) serta melihatperubahan struktur berdasarkan jaringan.
Penggunaan  

Umumnya bisa dipakai dalamsituasi eksklusif misalnya kejadian buta senja epidemik (epidemic of nightblindnes).  Cara yg digunakan adalah.tes dalam adaptasi gelap.
Tentang-soal.