Pengertian Fiksasi karbondioksida C02

Pengertian Fiksasi karbondioksida CO2

Karbondioksida CO2 yg diubah menjadi gula pada sebuah proses yg diklaim fiksasi karbon. Pengertian Fiksasi karbon adalah reaksi redoks, jadi proses fotosintesis memerlukan asal energi buat melakukan proses ini, dan elektron diperlukan buat mengganti karbondioksida menjadi karbohidrat, yg merupakan reaksi reduksi. Secara umum, fotosintesis merupakan kebalikan berdasarkan respirasi sel, dimana glukosa dan senyawa lainnya teroksidasi untuk membentuk karbondioksia, air, dan membuat energi kimia. Namun, 2 proses itu berlangsung melalui rangkaian reaksi kimia yang tidak sama serta pada kompartemen sel yang tidak sinkron.

Berikut dibawah ini persamaan umum fotosintesis :

2n CO2 + 2n DH2 + foton → dua(CH2O)n + 2n DO
Karbondioksida + donor elektron + energi cahaya → karbohidrat + donor elektron teroksidasi

Pada fotosintesis okesigen air merupakan donor elektron serta, karena adalah hidrolisis melepaskan oksigen, persamaan buat proses ini adalah:

2n CO2 + 4n H2O + foton → 2(CH2O)n + 2n O2 + 2n H2O
karbondioksida + air + energi cahaya → karbohidrat + oksigen + air
Seringkali 2n molekul air dibatalkan pada ke 2 pihak, sebagai akibatnya membentuk:

2n CO2 + 2n H2O + foton → dua(CH2O)n + 2n O2
karbondioksida + air + energi cahaya → karbohidrat + oksigen
Proses lainnya menggantikan senyawa lainnya (Seperti arsenit) dengan air pada peran suplai-elektron; mikroba memakai cahaya surya buat mengoksidasi arsenit sebagai arsenat:

 Persamaan buat reaksinya adalah menjadi berikut:

CO2 + (AsO33–) + foton → (AsO43–) + CO [35]
karbondioksida + arsenit + energi cahaya → arsenat + karbonmonoksida (digunakan buat membuat senyawa lainnya dalam reaksi berikutnya)

Fotosintesis terjadi pada 2 tahap. Pada tahap pertama, reaksi jelas atau reaksi cahaya menyerap energi cahaya serta menggunakannya untuk membentuk molekul penyimpan tenaga ATP serta NADPH. Pada tahap ke 2, reaksi gelap menggunakan produk ini buat menyerap serta mengurangi karondioksida.

Sebagian akbar organisme yang melakukan fotosintesis buat menghasilkan oksigen menggunakan cahaya nampak untuk melakukannya, meskipun setidaknya tiga memakai radiasi inframerah

Hasil penelitian itu memperlihatkan bahwa tidak ada senyawa dengan 2 atom C yg terakumulasi. Senyawa yang terakumulasi adalah senyawa menggunakan 5 atom C yakni Ribulosa – 1.5 – bisfosfat (RUBP). Reaksi antara CO2 dengan RUBP dipacu sang enzim ribulosa bisfosfat karboklsilase (RUBISCO).

Tag Search :
pengertian fiksasi karbondioksida,pengertian fiksasi karbondioksida,pengertian fiksasi co2

Sumber : wikipedia
Tentang-soal.