Iklan Responsive

Mengenal Tumbuhan Suweg

Suweg adalah tanaman yg masih berkerabat dekat menggunakan bunga bangkai raksasa. Tumbuhan suweg  menghasilkan umbi btg yang dapat dimakan dan dijadikan bahan bembuat roti. Nama lain menurut suweg merupakan porang. Suweg adalah tumbuhan orisinil Asia Tenggara serta tumbuh ini bisa kita jumpai di hutan-hutan kawasan Malaysia, Filipina, dan India tropik (bagian selatan), serta Indonesia.
Mengenal Tumbuhan Suweg

Suweg memiliki tangkai daun tunggal utama tak jarang dipercaya "btg" yg tumbuh tegak serta lunak, dan berwarna hijau berbelang-belang putih permukaan tangkai daun suweg kasar apabila diraba. Tangkai daun dalam ketinggian tertentu bisa mencapai 1,5 m. Pada umumnya batang suweg sebagai 3 cabang sekunder serta akan mencabang lagi sekaligus menjadi tangkai helai daun. Helai daun ada yang menyatu dalam tangkai daun.
Umbi suweg mengandung pati yg komposisinya didominasi sang mannan; warna umbi putih, sering dengan semburat rona merah jambu atau ungu. Umbi suweg bisa tumbuh akbar bahkan berat umbi sanggup mencapai 2-3 kg.
Bunga suweg acapkali jua diklaim bunga bangkai lantaran bila sudah tua bunga ini akan mengeluarkan bau misalnya bangkai. Buga akan ada jika simpanan tenaga berupa tepung pada umbi telah mencukupi buat pembungaan. Sebelum bunga muncul, semua daun termasuk tangkainya akan layu dan meninggal.
Mengenal Tumbuhan Suweg

Bunga suweg tersusun beragam berupa struktur spesial talas-talasan, yaitu bunga-bunga tumbuh dalam tongkol yang dilindungi oleh seludang bunga. Kuntum bunga tidak sempurna, berumah satu, berkumpul pada sisi tongkol, dengan bunga jantan terletak pada bagian distal (lebih tinggi) daripada bunga betina. Struktur generatif ini pada waktu mekar mengeluarkan bau bangkai yang memikat lalat buat membantu penyerbukannya.
Tumbuhan suweg ini dapat diperbanyakan  secara generatif dengan biji atau secara vegetatif dengan anakan umbi.  Umbi bisa dipencarkan buat diperbanyakkan. Demikian tentang tanaman suweg ini, Semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel