Mengenal Tanaman Senggani Dan Manfaatnya


Senggani atau dikenal pula dengan nama senduduk (Melayu), dalam bahasa sunda acapkali dianggap harendong , orang jawa ada jua yang menyebutnya kluruk, dan orang madura tak jarang menyebutnya menggunakan nama kemanden, pada Negara Tiongkok perdu ini dianggap yeh mu tan. Senggani merupakan flora perdu yg tergolong familia Melastomataceae (Wikipedia).
Senggani.jpg

Senggani merupakan perdu yang tumbuh tegak hingga mencapai tinggi 0,5m - 4m. Perdu ini mempunyai cabang yg banyak serta bisa tumbuh dalam tempat-tempat yg menerima cukup sinar surya misalnya di lereng gunung, semak, tanah lapang yang nir terlalu gersang, perdu ini juga acapkali ditanam pada wilayah obyek wisata sebagai tanaman hias karena bunganya yg relatif latif.
Senggani bisa tumbuh dalam ketinggian hingga 1.650 pada atas bagian atas bahari. Senggani mempunyai daun tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan bersilang serta berbentuk oval dengan ujung lancip, permukaannya berambut pendek yg sporadis serta kaku sehingga apabila diraba akan terasa kasar, serta memiliki tiga tulang daun yang melengkung.
Bunga senggani keluar pada ujung cabang, berupa malai rata menggunakan jumlah bunga tiap malai 4 hingga dengan 18. Senggani mempunyai buga yg berwarna ungu kemerahan yg sangat latif.
bunga%2Bsengani.jpg

Menurut beberapa asal yang saya baca, ekstrak senggani bisa digunakan untuk zat analgetik menjadi penghilang rasa sakit, peluruh kemih, menghilangkan pembengkakan serta menghentikan pendarahan. Namun aku sendiri belum pernah mencobanya.
Adapun manfaat lain menurut tanaman senggani yang telah aku buktikan adalah daunnya, daun senggani bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dalam daun pepaya. Jika Anda ingin menghilangkan rasa getir dalam daun pepaya, caranya rebuslah daun pepaya bersama menggunakan daun senggani, niscaya rasa getir yang terkandung pada daun pepaya akan hilang.
Silahkan baca :  Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya Dengan Daun Senggani
Senggani berkembang biak menggunakan bijinya, saat buah senggani telah masak, maka buah akan merekah dan menyebarkan dalam beberapa bagian,. Biji kecil-mini , yg masih ada dalam butir bila jatuk ke tanah maka akan tumbuhlah bibit-bibit senggani baru.
Selain beberapa manfaat yang terdapat dalam flora senggani yg tersebut diatas, senggani pula sangat cocok jika ditanam di kurang lebih pekarangan tempat tinggal menjadi pemanis laman, dan apabila suatu ketika membutuhkan tentunya tidak perlu repot lagi buat mencarinya.
Demkian tentang flora perdu senggani ini, semoga mampu menambah wawasan serta khasanah kita seluruh tentang tumbuhan yg terdapat pada bumi kita. Smoga berguna.