Iklan Responsive

MAKALAH MANFAAT KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARIHARI Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan

MAKALAH :
MANFAAT KOMPUTER
DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
(Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan)


D

I

S

U

S

U

N


OLEH :

SMA NEGERI 1 LANDONO
T.A. 2012/2013



Kata Pengantar


Puji syukur kamipanjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dankarunia-Nya sebagai akibatnya kami bisa penyusunan makalah TIK Manfaat Komputerdalam bidang Pendidikan.

Penyusun mengucapkanterimakasih pada Bapak Safrudin sebagai gurumata pelajaran TIKyang sudah membimbing dan menasehati dalam penyusunan makalah ini.
Dengan adanya makalahini dibutuhkan supaya anak didik bisa lebih tahu secara mendalam mengenai hal-halyang berkaitan dengan materi yg dikaji pada pemanfaatan Komputer dalamPendidikan, kami selaku penyusun menyadari bahwa pada makalah ini masihterdapat kekurangan, sang karenanya kami mengharapkan saran serta kritikkonstruktif demi kesempurnaan makalah ini.


BABI

PENDAHULUAN


1.1LatarBelakang
TeknologiKomputer adalah kongsep yg sangat luas, kompleks serta komperhensif sertamemberikan kekuatan baru dalam mempertinggi kemampuan peserta didik. Komputersuatu perkembangan teknologi yg memungkinkan buat memperoleh berita yangbanyak dan cepat serta mudah berdasarkan aneka macam belahan dunia. Karena itu diperlukankemampuan cara mendapatkan, menentukan dan mengelolah produk teknologi informasisecara gampang diterapkan pada siswa.
Melihatsubtansi pembelajaran teknologi informasi serta komunikasi (TIK) yg baruditerapkan pada kurikulum tingkat satuan Pendidikan saat ini dibutuhkan saranaPendidikan menjadi galat satu komponen yg sangat penting dalam prosespembelajaran, lantaran dengan adanya sarana Pendidikan yg lengkap dan bermutumaka kualitas pembelajaran akan semakin baik dan motivasi belajar murid akanmeningkat. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap yang pada akhirnyaakan berpengaruh dalam peningkatan mutu Pendidikan.
 
1.2RumusanMasalah
1.bagaimanaperkembangan teknologi di Zaman sekarang ?
2.apaperanan Komputer pada aktifitas insan ?
3.bagaimanadampak Komputer pada pembelajaran ?
4.bagaimanacara pemanfaatan Komputer secara efektif ?
5.apa sajajenis pelaksanaan yang terdapat pada Komputer ?
6.bagaimanapembelajaran yang menghibur dan mendidik itu ?

1.3Tujuan
1)
Mengetahui  perkembangan teknologi pada Zaman sekarang ?
2)Mengetahuiperanan Komputer dalam aktifitas manusia ?
3)Mengetahuidampak Komputer dalam pembelajaran ?
4)Mengetahuicara pemanfaatan Komputer secara efektif ?
5)Mengetahuijenis aplikasi yg masih ada dalam Komputer ?
6)Mengetahuipembelajaran yang menghibur dan mendidik itu ?

BAB  II

PEMBAHASAN


2.1PerkembanganTeknologi 
Perkembanganteknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap dunia Pendidikan.institusi Pendidikan yg nir menerapkan teknologi khususnya Komputer iniakan kalah bersaing. Penggunaan Komputer dalam sekolah-sekolah adalah satucontoh sekolah yg berupaya un meningkatkan kualitas institusinya, karenadengan indera tadi sebuah sekolah bisa menaikkan akses serta mempercepatproses dan mengurangi administrasi, birokrasi dan konfensional. Denganperkembangan teknologi yang begitu pesat inilah ternyata cukup mempengaruhikehidupan insan disemua sektor.
Revolusiteknologi menciptakan Komputer semakin tambah pintar, kompak serta mudah digunakan.yang tadinya berukuran akbar, sekarang semakin mengecil hingga dapat dibawakemana-mana. Fungsinyapun semakin meluas seiring menggunakan berkembangnyatemuan-temuan kreatif perangkat lunaknya. Yang kesemuanya sekedar untukmembantu memecahkan hitung-hitungan  rumitkini bisa digunakan untuk olah kata, olah data,olah gambar serta peningkatan databerbagai bidang kehidupan. Termasuk untuk keperlukan Pendidikan serta hiburanbagi anak-anak. Apalagi dengan keluarnya multi media (Media Ganda).

2.2PerananKomputer pada Aktifitas Manusia
Perananteknologi Komputer pada aktifitas insan dalam saat ini memang begitu akbar.komputer sudah menjadi fasilitator primer bagi kegiatan-aktivitas disemua sektorkehidupan termasuk dalam sektor Pendidikan. Komputer telah menaruh andilbesar terhadap perubahan-perubahan yang fundamental dalam struktur, operasi danmanajemen sistim Pendidikan pembelajaran. Berkat teknologi Komputer berbagaikemudahan dapat dirasakan dalam proses pembelajaran misalnya persentasimengajar, akses kabar (e-learning) serta pembuatan pembelajaranberbasis Komputer.
Secaragaris besarnya peranan teknologi Komputer seperti :
a)Menggantikanperanan manusia. Dalam hal ini teknologi Komputer melakukan otomatis terhadapsuatu tugas atau proses.
b)TeknologiKomputer memperkuat peran insan, yakni dengan menyajikan keterangan terhadapsuatu tugas atau proses.
c)Teknologiberperan dalam restrukturisasi terhadap peran insan. Dalam hal ini teknologiberperan pada melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atauproses.

2.3DampakKomputer pada Pembelajaran
Namunbersamaan bersama dengan itu pemakaian Komputer ini pula menyimpan dampakpositif maupun dampak negatif. Disektor Pendidikan dan pembelajaran, denganhadirnya Komputer di meja belajar akan bisa membuahkan minat belajar anakmenurun jika anak ini tidak ada kontrol atau dibiarkan saja, anak bisamenggunakan Program Komputer justru nir mendidik. Bahkan membuat anak-anakmalas dan kecanduan sehingga enggan belajar kebalikannya Komputer bisa jugamemberikan rangsangan positif dalam menaikkan motifasi belajar anak.tentunya ini dituntut peran guru atau orang tua pada mengontrol anakmenggunakan Komputer.
Adabeberapa faktor yg menjadi insan prosedur karena teknologi Komputer dalamdunia Pendidikan dan pembelajaran :
1)Komputer  cenderung mengisolasi
2)Komputercenderung menciptakan orang pasif secara fisik
3)Komputerhanya cocok dengan satu gaya belajar
4)Komputercenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman.

2.4CaraPemanfaatan  Komputer secara Efektif
Adabeberapa buat memanfaantkan Komputer sebagai pembelajaran efektif. Komputerdapat menaruh output yang maksimal jika dirancang dengan menciptakanlingkungan belajar yang dirangkaikan menggunakan :
1)Kolaboratif
2)Bermainsambil belajar
3)Menyediakanbanyak pilihan
4)PembuatanProgram pembelajaran harus dari hasil pengalaman nyata atau berdasarkanhasil penelitian.

2.5JenisAplikasi dalam Komputer
Disampingsoal interaksi antara anak dan Komputer, yang perlu mendapatkan perhatian ialahpemilihan Program atau perangkat lunak. Akan tetapi dipasaran poly dijumpaiberagam Program pelaksanaan Pendidikan serta hiburan buat anak menjadi citra,Program pelaksanaan tersebut.
Dikelompokkandalam 4 golongan dari Tujuan pembuatannya, Yaitu :
1)Pendidikan
2)Permainan
3)Informasi
4)Hiburan

2.6 Pembelajaran yang Menghibur  dan Mendidik
Tidaksemua Program aplikasi Komputer mengandung unsur Pendidikan dan hiburan yangsehat, wajib dipilih lagi aplikasi yg tepat buat pembelajaran, terutamakalau ingin milih jenis Game. Tak sporadis games menoljolkan unsur-unsur negatifseperti kekerasan serta agresivitas yg dapat mengarah pada prilaku sadis.permainan yg menyuguhkan perkelahian 2 jagoan yang berakhir dengandipenggalnya ketua atau dikoyaknya jantung lawan. Apabila dibiarkan terusmemainkan games jenis itu, maka anak bisa terbawa imbas buruknya yangbersifat desduktif. Oleh karena itu hendaknya diperhatika benar karakteraktornya maupun cara yang dipakai aktor buat mencapai Tujuan.
Tujuanpembelajaran yg diharapkan sebenarnya “Just for Fun”, games sangatpotensial buat dijadikan media pedagogi yang misalnya itu buat anak.
JenisEdutainment atau Courseware yg baik, bersifat individual. Artinya anak bisamengatur kecepatan belajarnya sesuai dengan kemampuan, taraf kesulitan materiyang dipelajari,isi, taktik belajar yg akan dipai nanti maupun bentukpenyajian materi
CiriProgram Komputer pembelajaran yang baik yaitu meningkatkan kemampuan anakbelajar berdikari dan memecahkan perkara. Dalam Program misalnya ini, anak“dipaksa” menentukan sendiri apa yg hendak dilakukan. Secara tidak langsunganak diajari menganalisa, melihat permasalahan dan cara lain yg merupakanlangkah pemecahan perkara.

BAB III

PENUTUP


3.1Kesimpulan 
SistemPendidikan sekolah menyediakan murid yg siap menghadapi masa depan dan lebihsiap menghadapi tantangan globalisasi dari masa ke masa. Usaha untukmenginovasi kualitas Pendidikan akan terus ditingkatkan. Salah satu upaya untukmeningkatkan kualitas Pendidikan yaitu menggunakan memanfatkan teknologi Komputerdalam Pendidikan serta pembelajaran. Penggunaan Komputer dalam Pendidikan danpembelajaran harus diwaspadai terhadap bahaya dan kesan negatif akibatpenggunaan yg tidak terkontrol.  Penggunaan Komputer pada Pendidikan serta pembelajaran sedikit banyak sudah  niscaya akan merubah corak Pendidikan masadepan dan tingkah laku siswa, pengajar atau bahkan sistem Pendidikan itu sendiri.oleh karenanya supervisi, pengawalan serta pemanfaatan wajib tetap dilakukanagar perkembangan teknologi bisa memberikan manfaat yang sebenar-benarnya bagisektor Pendidikan dan pengajaran.
Sebagaipenutup, secanggih apapun perangkat teknologi Komputer tetap saja peran orangtua atau guru dalam pembelajaran masih harus lebih secara umum dikuasai. Komputer harusdiposisikan sebagai alat atau media pada pembelajaran.

3.2Saran
Sebaiknyagunakanlah pemanfaatan Komputer dalam bidang Pendidikan menggunakan merogoh suatupembelajaran yang positif, lantaran Komputer jua mempunyai efek negatif. Jikakita dapat memanfaatkan Komputer tadi menggunakan baik, yakinlah bahwa semua ituakan ada manfaatnya serta janganlah menggunakan Komputer itu buat hal-hal yangtidak bermanfaat atau berdampak negatif.

Daftar Pustaka


§AECT,1994. Intructional Technology, The Definition and Domains of the Field.
§Nasution,2005. Teknologi Pendidikan.  Jakarta. Gumi Aksara
§Sadiman,Arief. S, 2007. Media Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Perkasa
§Merrill,Paul. 1995. Computers in Education.  Boston. Allyn and Bacon




Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel