MAKALAH EKONOMI Sistem Ekonomi Komando

MAKALAH EKONOMI 

[ Sistem Ekonomi Komando ] 

SMAN 11 KONSEL 

TAHUN PELAJARAN2019/2014 




Kata Pengantar 

Puji syukur 

Kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa lantaran berkat karunia serta hidayah-Nya sehingga makalah ini dapat selesai kami susun menurut output persentase kami. Makalah ini kami hidangkan secara sitematis dan gampang buat dipahami, sehingga anak didik maupun guru mudah memahami makalah ini. 

Kami menyadari keterbatasan serta kekurangan makalah ini, Oleh karena itu kami Kelompok 1 mengharapkan saran serta kritik yg membentuk buat penyempunaan makalah ini. 

Harapan kami, susunan makalah ini bia bermanfaat serta berguna bagi kita. 


Penyusun, 



BAB I 

PENDAHULUAN 


A. Latar Belakang 

Sitem Ekonomi Komando adalah bisa pula disebut sebagai Sitem Ekonomi terpusat merupakan sebuah Sitem Ekonomi dimana peran utama pada pengendalian ekonomi dipegang sang Pemerintah secara mayoritas. Ini berarti bahwa Pemerintah yg menentukan jenis barang dan jasa apa yang akan diproduksi, memakai metode atau cara apa barang dan jasa tersebut akan dibuat hingga siapa yg komsumsi barang dan jasa tersebut. Sehingga dalam Sitem Ekonomi Komando ini Pemerintah akan lebih mudah mengendalikan inflasi, masalah pengangguran serta perkara ekonomi lainnya. 

Dalam Sitem Ekonomi Komando ini Pemerintah menguasai semua alat serta asal-asal daya sehingga hak milik perorangan nir diakui, tidak ada individu atau Kelompok yang bisa berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian lantaran seluruh kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya sang Pemerintah. Sehingga bisa dikatakan bahwa kelemahan menurut Sitem Ekonomi Komando adalah matinya inisiatif individu buat maju karena sering terjadi monopoli yg merugikan warga sehingga rakyat tidak memliki kebebasan dalam memilih dan memasak sumber daya. 


B. Rumusan Masalah 

Sitem Ekonomi Komando cenderung diterapkan pada negara-negara yang menganut ideologi Komunis atau Sosialis. Walaupun dalam kenyataannya tidak ada satu negarapun didunia ini yang menganut dan melaksanakan Sitem Ekonomi Komando ini secara murni. Contoh berdasarkan negara-nergara yg menganut Sitem Ekonomi Komando ini merupakan Kuba, Uni Sovyet. 




BAB II 

PEMBAHASAN 


Dalam Sitem Ekonomi Komando, Pemerintah hampir memliki dan menguasai semua wahana Produksi (Tanah dan Modal), disamping itu Pemerintah jua mengatur secara eksklusif operasi semua perusahaan di aneka macam sektor industri. 

Ø Kelebihan dari Sitem Ekonomi Terpusat merupakan : 

§ Pemerintah lebih gampang mengendalikan inflasi, pengangguran dan kasus ekonomi lainnya. 

§ Pasar barang pada negeri berjalan lancar 

§ Pemerintah dapat turut campur pada hal pembetukan harga 

§ Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan 

§ Jarang terjadi krisi ekonomi 


Ø Kelemahan berdasarkan Sitem Ekonomi Komando merupakan : 

§ Mematikan inisiatif individu buat maju 

§ Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat 

§ Masyarakat tidak memliki kebebasan dalam memilih sumber daya 

§ Perhatikan bagaimana Sitem Ekonomi terpusat memecahkan persoalannya. 

Sitem Ekonomi Komando dijalankan berdasarkan ajaran Karl Max, menurut Karl Max menggunakan sistem ekonomi yg direncanakan dan dikendalikan sang Pemerintah pusat maka fungsi-fungsi produktif akan lebih efisien dibandingkan dengan Sitem Ekonomi bebas. 

Ø Sitem Ekonomi Komando Ciri-karakteristik sebagai berikut : 

§ Segala aktivitas ekonomi diatur Pemerintah. 

§ Hak milik perseorangan tidak diakui, kecuali yang sudah dibagikan. 

§ Semua sumber dan alat produksi merupakan milik negara. 

§ Tidak terdapat kebebasan berusaha bagi individu, lantaran pembagian kerja diatur sang Pemerintah. 

§ Harga-harga ditentukan oleh Pemerintah. 



BAB III 

PENUTUP 


A. Kesimpulan 

Dalam Sitem Ekonomi Komando ini peran individu diatur sepenuhnya sang Pemerintah, sehingga peranan perencanaan ekonomi sang negara pada mengatur perekonomian sangat penting. Peranan pasar menjadi alat alokasi asal daya ekonomi digantikan sang cara pengesahan serta ratioming karena penguasaan aset ekonomi adalah kepemilikan bersama pada Sitem Ekonomi Komando ini. Sehingga Pemerintah dapat dengan gampang mengawasi aktivitas perekonomian yg terdapat serta memudahkan negara dapat bertanggung jawab secara penuh terhadap aktivitas perekonomian. Sehingga pemerataan pendapatan antar lapisan warga bisa terjamin.
Tentang-soal.