Kronologis Jatuhnya Pesawat Malaysia di Tembak Jatuh di Ukraina

Kronologis Jatuhnya Pesawat Malaysia di Ukraina Maskapai milik Malaysia Airlines diduga ditembak jatuh di perbatasan Rusia, tepatnya di timur Ukraina dalam Kamis (17/7) ketika setempat, dan menyebabkan tewasnya 295 penumpang dan awak pesawat terbang.

0.jpg

2358006gambar-puing780x390.jpg

0007158gambar-puing-bbc780x390.jpg
0008409gambar-puin-bbc-juga780x390.jpg
puing-puing-pesawat-mh-17-yang-jatuh-di-ukraina-kamis-17-7-_140718030834-347.jpg

Pesawat tadi, yang tengah menjalani rute berdasarkan Amsterdam menuju Kuala Lumpur, mengangkut 295 orang di dalamnya, jatuh pada dekat perbatasan Ukraina serta Rusia.
Seorang juru bicara Malaysia Airlines membenarkan sudah terjadi "sebuah insiden" terhadap salah satu pesawatnya dan akan mengeluarkan pernyataan resmi pada waktu singkat.
Pesawat terbang yg jatuh itu diyakini sebuah Boeing 777 menggunakan angka penerbangan MH17, yang meninggalkan Amsterdam, Belanda pada pukul 12.14 saat setempat atau kira-kira pukul 19.14 WIB.
Pesawat itu sedang terbang dekat kota Shaktarsk pada wilayah Donetsk yg dikuasai pemberontak pro-Rusia, waktu hilang berdasarkan radar serta tim penolong sedang menuju ke daerah itu.

Interfax adalah kantor kabar pertama yg melaporkan kejadian tadi. Berikut adalah kronologis tersiarnya kabar jatuhnya pesawat, dilansir menurut The Telegraph, Kamis (17/7).

'Terkena rudal'
"Tapi kami akan mencari memahami apa yang terjadi menggunakan penerbangan ini. Akan terdapat penyelidikan menyeluruh. Jika memang pesawat ditembak jatuh, kami menuntut supaya pelakunya diajukan ke pengadilan," pungkasnya.
Seorang sumber intelijen Amerika Serikat pada Washington kepada tempat kerja liputan Associated Press mengatakan bahwa diyakini pesawat penumpang Malaysia jatuh dampak rudal darat ke udara.
Ia berkata pemerintah Amerika masih mengumpulkan keterangan namun akbar kemungkinan pesawat ini terkena rudal.
Klaim bahwa pesawat ditembak jatuh telah dibantah oleh pemberontak di Ukraina timur.
Pesawat menggunakan angka penerbangan MH17 ini tengah dalam bepergian dari Amsterdam, Belanda, ke Kuala Lumpur saat jatuh dalam Kamis sore saat setempat.
Lebih berdasarkan separuh penumpang diketahui merupakan masyarakat negara Belanda.
- Pukul 17.10
Setelah menerima informasi Interfax, koresponden Reuters melaporkan, beliau melihat sebuah benda yang diduga badan pesawat terbakar di tanah pada timur Ukraina, dekat perbatasan Rusia.
- Pukul 17.08
Redaksi mengonfirmasikan bahwa itu adalah jadwal penerbangan Malaysia Airlines.
- Pukul 17.06
Koresponden pada Washington mengirimkan berita terkini menurut Amerika Serikat (AS). Presiden Barack Obama berencana menuju Delaware serta New York buat membahas ekonomi Amerika.
Wartawan kemudian bertanya mengenai komentarnya terkait keterangan jatuhnya pesawat Malaysia Airlines waktu itu. Obama mengabaikan pertanyaan wartawan dalam mulanya, kemudian memberi komentar:
"Saya sudah berkoordinasi beberapa hari terakhir ini dengan sekutu kami. Saya sudah berulang kali menegaskan bahwa Rusia harusnya menghentikan genre senjata dan pasukannya melintasi perbatasan ke Ukraina. Rusia harus mendorong separatis buat melepaskan sandera dan melakukan gencatan senjata. Rusia perlu mengutamakan negosiasi internasional serta mediasi, dan menyetujui monitoring intensif pada perbatasan."
- Pukul 16.15
Kantor liputan Interfax-Ukraina melaporkan, sebuah pesawat penumpang Malaysia terjatuh pada Ukraina, dekat perbatasan Rusia. Pesawat itu membawa 295 penumpang serta kru pesawat.
- Pukul 16.20
Pesawat diperkirakan sudah jatuh di dekat Shaktersk.
- Pukul 16.27
Beredar video di YouTube dimana terdapat kepulan asap besar pada sebuah lapangan di dekat Shaktersk serta diduga tubuh pesawat Malaysia Airlines.


berbagai sumber
Tentang-soal.