Iklan Responsive

KARYA ILMIAH PENGARUH NARKOBA TERHADAP KEPRIBADIAN PELAJAR SMA NEGERI 1 LANDONO

Tugas Bahasa Indonesia 
KARYA ILMIAH 
PENGARUH NARKOBA 
TERHADAP KEPRIBADIAN PELAJAR 
SMA NEGERI 1 LANDONO 
KECAMATAN LANDONO 


Disusun Oleh : 
Kelas : X 1 
SMA NEGERI 1 LANDONO 


KataPengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadiratTuhan yang Maha Esa, lantaran menggunakan rahmat serta karunia-Nya aku masih diberikesempatan tugas karya ilmiah Bahasa Indonesia ini. Tidak lupa juga sayaucapkan terima kasih kepada Pengajar Pembimbing Bahasa Indonesia yaitu IbuMustika Kadir, S.sos yang sudah membimbing saya supaya dapat memahamitentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah ini.
Karya ilmiah ini disusun denganharapan supaya pembaca dapat memperluas wawasan mengenai bahaya narkoba yang sayabsajikan berdasarkan pengamatan berdasarkan berbagai asal. Makalah ini saya susundengan penuh rintangan, baik itu yang tiba dari aku maupun yang tiba dariluar. Tetapi dengan penuh kesabaran, berusaha menggunakan pertolongan menurut Tuhanakhirnya karya ilmiah ini dapat terselesaikan.
Semoga karyah ilmiah dapat bermanfaatbagi para pembaca khususnya pada diri aku sendiri. Semoga memberikan wawsan yanglebih luas kepada pemabaca. Namun kami sadari Bahwa dalam penulisan karyailmiah ini masih poly terdapat kekurangan, oleh karenanya kritik dan saranyang sifatnya membangun guna perbaikan makalah ini di masa mendatang.




Penyusun,



BAB I

PENDAHULUAN



A.latar belakang
Bahaya Narkoba atau narkotika telahdiketahui secara luas, namun masih saja poly yang doyang menikmati baranglaknat itu. Pada kesempatan ini saya akan menguraikan apa saja yang termasukdalam golongan Narkoba dan bahayanya supaya kita semua bisa menghindarinyasedini mungkin. 
Mitra muda tidak bisa dipungkiri BahwaNarkoba adalah endemi paling berbahaya yg menjangkiti insan diseluruhpelosok global. Tak diragukan lagi Bahwa kelemahan iman dan ketidak bersimpuhanmanusia kepada Tuhan yang Maha Esa dalam segala kesulitan adalah faktorterpenting yg mengkondusifkan kecanduan Narkoba. Manusia yang taat beragamapasti akan jauh dari neraka Narkoba. Tidak mungkin beliau akan mengulurkantangannya dalam Narkoba, baik membeli, mengedarkan maupun menyelundupkannya,sebab jalan Narkoba merupakan jalan setan, dan jalan Tuhan tidak mungkin ketemudengan Jalan Setan.
Bahaya Narkoba bagi Pelajar
Di Indonesia pecandu narkoba iniperkembangannya sangat pesat. Para pecandu narkoba itu umumnya berusia antara11 sampai 24 tahun, ialah usia tadi tergolong usia produktif atau masihusia belajar. Pada awalnya pelajar yang mengkonsumsi Narkoba umumnya diawalikebiasaan merokok, ini tampaknya telah sebagai hal yang wajar yg terjadipada pelajar waktu ini. Dari norma inilah pergaulan terus meningkat, apalagijika pergaulan pelajar tersebut berada dalam lingkungan orang-orang yg sudahmenjadi pecandu narkoba. Awalnya mencoba, lalu kemudian mengalamiketergantungan. Dampak negatif penyalah gunaan Narkoba terhadap anak remajaadalah sebagai berikut :
oPerubahan dalam sikap dankepribadian
oSering membolos, menurunnyakedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran
oMenjadi gampang tersinggung dancepat marah
oSering menguap, mengantuk danmalas.
oTidak memerlukan kesehatan serta
oSuka mencuri.

Jenis-jenis Narkoba serta bahayanya.
1.opium
Opium merupakan jenis narkoba yangpaling berbahaya, dikomsumsi dengan cara ditelan pribadi atau diminum bersamateh, kopi atau dihisap bersama rokok. Opium diperoleh menurut buah pohon Opiumyang belum masak menggunakan cara menyayatnya hg mengeluarkan getah putih yanglengket. Pada awalnya pengomsumsi Opium akan merasa segar serta bugar serta mampuberimajinasi serta berbicara, tetapi hal ini d bertahan usang. Tak usang kemudiankondisi kejiwaannya akan mengalami gangguan dan berakhir dengan tidur pulasbahkan koma. Apabila seseorang ketagihan, maka opium akan sebagai bagian darihidupnya. Tubuhnya nir bisa lagi menjlankan fungsi-kegunaannya apabila tidakmengkomsumsi opium pada takaran yang umumnya. Dia akan mencicipi sakit yangluar biasabila nir memperolehnya. Kesehatannya akan menurun drastis,otot-otot sipecandu akan layu, ingatannya melemah serta nafsu makannya menurun.kedua matanya akan mengalami sianosis serta berat badannya turun menyusut.
 
2.morphine
 Orang-orang yang mengkomsumsi Morphine akanmerasakan keringanan dan kebugaran yg berkembang menjadi cita-cita bertenaga untukterus mengkomsumsinya. Dari sinio takaran pemakaiannya pun terus ditambah untukmemperoleh ekstase (kenikmatan) yang sama. Kecanduan barang narkotika ini akanmenyebabkan pendarahan hidung (mimisan) dan muntah berulang-ulang. Pecandu jugaakan mengalami kelemahan semua tubuh, gangguan m,emahami sesuatu dankekeringan mulut. Penambahan takaran akan mengakibatkan fantasi dalam pusatpernafasan serta penurunan tekanan darah. Kondisi ini bisa menyebabkan koma yangberujung dalam kematian.
  
3.heroin
Bahan narkotika ini berbentuk bubukkristal berwarna putih yg didapatkan berdasarkan penyulingan morfine menjadi bahannarkotika yg paling mahal harganya. Paling kuat pada menciptakan ketagihan(ketergangtungan) dan paling berbahaya bagi kesehatan  secara generik. Penikmatnya mula-mula  akan merasa segar, ringan serta ceria. Dia akanmenagalami ketagihan seiring menggunakan komsumsi secara berulang-ulang. Jika demikian beliau akan selalumembutuhkan dosis yg lebih akbar untuk membentuk ekstase yg sama. Karena itudiapun harus megap-megap buat mendapatkannya sampai tidak terdapat lagi   keriangan juga keceriaan, keinginannyahanya satu memperoleh takaran yg lebih banyak untuk melepaskan diri dari rasasakit yang tak tertahankan serta pengerasan otot akibat penghentian pemakaian.
Pecandu Heroin lambat laun akanmengalami kelemahan fisik yang cukup parah, kehilangan nafsu makan, isomnia(tidak mampu tidur) dan terus dihantui mimpi buruk. Selain itu para pecanduHeroin jua menghadapi sejumlah masalah seksual, seperti impotensi dan lemahsyahwat. Sebuah data statistik mengungkapkan, nomor penderita Impotensidikalangan pecandu Heroin mencapai 40 %.


4.kokain
Kokain disulin menurut tanaman kokayang tumbuhb dan berkembang pada pegunungan indris pada Amerika Selatan (Latin)semenjak 100 tahun silam, Kokain dikomsumsi menggunakan cara pada hirup sebagai akibatnya teresapkedalam selaput-selaput lendir hidung lalu eksklusif menuju darah. Karenaitu, penciuman Kokain berkali-kali sanggup menyebabkan pemborokan dalam selaputlendir hidung, bahkan terkadang mampu menyebabkan tembusnya dinding antara keduacuping hidung. Problem kecanduan Kokain terjadi di Amerika Serikat karenafaktor kedekatan geografis dengan sumber produksinya. Dengan proses sederhanayakni menggunakan menambah alkaline pada krak, maka efek kokain bisa sangataktif. Jika Heroin adalah zat aditif yang paling banyak menyebabkanketagihan fisik, maka Kokain adalah zat aditif yang paling banyakmenyebabkan ketagihan psikis.
Setiap tahun Amerika membelanjakananggaran 30 Millyar Dollar untuk Kokain serta Krak. Tak kurang menurut 10 juta wargaAmerika mengkomsumsi Kokain secara semi-rutin.
Pemakaian Kokain dalam jangka pendekmendatangkan perasaan riang gembira dan segar bugar, namuhn beberapa waktukemudianmuncul perasaan gelisah serta takut hingga halusinasi.
5.ganja
Ganja juga memiliki  lebih menurut 350 nama sesuai menggunakan kawasanpenanaman dan komsumsinya, diantaranya marijuana, hashish dan hemp. Adapun zatyang terpenting yg terkandung dalam Ganja merupakan zat trihidrocaniponal (THC)

B.identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang kasus-perkara yang munculdapat diidentifikasikan menjadi berikut :
1.banyak masyarakat yg belummengetahui bahaya narkoba.
2.banyak masyarakat yang belummemiliki pemahaman tentang bahaya narkoba.
3.banyaknya masyarakat belummemiliki konsep Hidup Sehat.
C.tujuan 
Penulisan karaya ilmiah ini bertujuan :
1.agar banyak warga yangbelum mengetahui bahaya narkoba.
2.agar banyak masyarakat yangbelum memiliki pemahaman mengenai bahaya narkoba.
3.agar banyaknya warga belummemiliki konsep Hidup Sehat.

D.metode
Metode yg digunakan pada penulisanini adalah metode secara eksklusif. Metode ini mempelajari aneka macam refrensitentang bahayanya narkoba.

BAB II

PEMBAHASAN



A.upaya Pemecahan 
Berbagai cara yg dilakukan olehPemerintah untuk mencegah penyebaran narkoba, cara tersebut antara lain :
-Mengadakan supervisi yangketat terhadap barang-barang yg masuk
-Memberi sanksi yang beratterhadap pengedar dan pemakai  narkoba.
-Melakukan kerjasama denganpihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan mengenai bahaya narkoba ataumengadakan razia mendadak secara rutin.
-Pendampingan menurut orang tuasiswa itui sendiri dengan menaruh perhatian dan kasih sayang.
-Pihak sekolah wajib melakukanpengawasan yg ketat terhadap mobilitas-gerik anak didiknya, karena umumnya penyebaran(transaksi) narkoba tak jarang terjadi pada lingkungan sekolah.
-Yang tak kalah penting adalahPendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan pada murid.
-Meningkatkan iman serta taqwamelalui Pendidikan keagamaan baik disekolah  maupun pada rakyat.
-Meningkatkan peran keluargamelalui perwujudan famili sakinah, sebab peran keluarga sangat besar terhadappembinaan diri seorang. Hasil penelitian Menunjukkan Bahwa anak-anak nakaldan berandal dalam umumnya merupakan asal dari famili yang berantakan (BrokenHome).
-Penanaman nilai sejak diniBahwa narkoba merupakan haram dan dihentikan.


BAB III

PENUTUP



A.kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yg telahdiuraikan diatas, bisa disimpulkan sebagai berikut :
1.masyarakat perlu menghindaridiri menurut penyebaran narkoba.
2.upaya Pemerintah memberikanpenyuluhan tentang penyebaran narkoba.
3.narkoba adalah barang yangsangat berbahaya dan mampu Mengganggu susunan syaraf yg dapat merubahkeperibadian seorang sebagai semakin buruk.
4.narkoba adalah sumber daritindakan kriminalitas yg menghambat norma dan ketentraman generik.
5.menyebabkan impak negatif yangmempengaruhi dalam tubuh baik secara fisik maupun psikologis.

B.saran
1.hendaknya masyarakat perdulitentang kesehatan.
2.pemerintah hendaknya mencarisolusi agar penyebaran narkoba nir terjadi lagi.
3.hendaknya pihak sekolah harusmelakukan pengawasan yg ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya karenabiasanya penyebaran (transaksi) narkoba seringkali terjadi di sekitar lingkungansekolah. Yang tidak kalah krusial merupakan Pendidikan moral serta keagamaan haruslebih ditekankan pada siswa, lantaran keliru satu penyebab terjerumusnyaanak-anak kedalam lingkaran setan ini adalah kurangnya Pendidikan moral dankeagamaan yang mereka serap sebagai akibatnya perbuatan tercela seperti inipun akhirnyamereka jalani. Oleh karena itu mulai waktu ini guru sebagai dan orang tua sebagaipendidik wajib sigap serta waspada akan bahaya narkoba yg sewaktu-saat dapatmenjerat anak-anak kala sendiri.
Dengan banyak sekali upaya tadi diatas ayo kita jaga danawasi anak-siswa kita berdasarkan bahaya narkoba sebagai akibatnya asa kita buat menelurkan generasi yang cerdas serta tangguhdi masa yg akan datang dapat terealisasi menggunakan baik.

Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel