Istilah Istilah Yang Berhubungan Dengan Status Gizi

Deswarni Idrus & Gatot Kunanto (2000), membicarakan bahwa terdapat beberapa kata yg berhubungan dengan status gizi. Istilah-isttilah tersebut akan diuraikan dibawah ini :
1. Gizi  (Nutrition)

Gizi merupakan Suatu proses organisme memakai kuliner yang dikonsumsisecara normal melalui proses digestion/pencernaan, absorpsi/penyerapan,transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidakdigunakan.      
Digunakan buat mempertahankan kehidupan, pertumbuhan serta fungsinormal menurut organ-organ tubuh, serta membuat tenaga.

2. Keadaan Gizi

Keadaan dampak berdasarkan ekuilibrium antara konsusi serta penyerapan zatgizi serta penggunaan zat- zat gizi tersebut, atau keadaan fisiologik akibat  dari tersedianya dan penggunaan zat gizi dalamselular tubuh.

3. Status Gizi (Nutrition Status)

Ekspresi berdasarkan keadaan ekuilibrium dlm bentuk variabel tertentu,atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel eksklusif.
Contoh : Gondok Endmik merupakan keadaan nir seimbangnya pemasukandan pengeluaran yodium di pada tubuh.

4. Malnutrition (Gizi Salah, Manultrisi)

Keadaan patologis yg terjadi menjadi dampak kekurangan atau kelebihansecara nisbi juga mutlak satu atau lebih zat-zat gizi.
Ada empat bentuk malnutrisi :

  1. Under nutrition : Kekurangan konsumsi pangan secara nisbi atau mutlak u/ periode tertentu.
  2. Spesifik Defisiency : Kekurangan zat gizi eksklusif, misalnya kekurangan vitamin A, yodium, Fe, dan lain-lain.
  1. Over Nutrition : Kelebihan konsumsi pangan u/ periode tertentu.
  2. Imbalance : karena disproporsi zat gizi, contohnya : Hiperkolesterolemia terjadi karena nir seimbangnya LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein) dan VLDL (Very Low Density Lipoprotein).


5. Kurang Energi Protein (KEP)

Kurang Energi Protein (KEP) merupakan Seseorang yg kekuranggizi, yg disebabkan oleh rendahnya konsumsi tenaga dan protein pada makanansehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu. Anak dianggap KEP apabila beratbadannya kurang menurut 80% indeks berat badan menurut umur (BB/U) standar WHO-NCHS.  KEP adalah defisiensi gizi (energi dan protein) yg paling berat danmeluas terutama pada Balita. Pada umumnya penderita KEP ber berasal berdasarkan keluargayang berpenghasilan rendah.  
Tentang-soal.