HUKUM TATA NEGARA KEDAULATAN BENTUK NEGARA DAN SISTEM PEMERINTAHAN

HUKUM TATA NEGARA

“KEDAULATAN, BENTUK NEGARA DAN SISTEM PEMERINTAHAN”

Created By :
IRENE MARIA SIDOLISA
( 05120050095 )
Faculty of Law
Pelita Harapan University


PENDAHULUAN

Kedaulatan, Bentuk Negara serta Sistem pemerintahan adalah materi yang sangat menarik buat dipelajari, diketahui dan dipahami. Sangat krusial bagi kita seluruh buat mengetahui dan tahu apa itu kedaulatan, macam-macam bentuk negara serta macam-macam sistem pemerintahan yang ada dan yang dianut sang berbagai negara-negara pada dunia menggunakan mengetahui dan tahu ciri berdasarkan macam-macam bentuk negara, karakteristik dari macam-macam sistem pemerintahan serta aneka macam hambatan-hambatan yang terdapat dalam suatu pemerintahan.


T U J U A N
Mengetahui dan memahami apa yg dimaksud menggunakan kedaulatan, teori-teori kedaulatan, bentuk-bentuk negara, susunannya serta sistem pemerintahan suatu negara.
Untuk bisa membedakan antara macam-macam teori-teori kedaulatan, macam-macam bentuk negara, susunan-susunannya dan macam-macam sistem pemerintahan yang terdapat.
Untuk bekal dan ilmu pengetahuan mengenai ketatanegaraan yang ada pada dalam suatu bangsa dan negara.


PENGERTIAN KEDAULATAN
Mula-mula, Kedaulatan diartikan sebagai kekuasaan tertinggi yg bersifat mutlak, karena nir terdapat kekuasaan lain yang mengatasinya ( superlatif ).
Jean Bodin ( 1530 – 1596 ) yg pertama kali mengemukakan teori kedaulatan ini dengan definisi bahwa kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi terhadap para warga negara serta rakyat tanpa suatu pembatasan undang-undang. Raja nir terikat oleh undang-undang.

Tentang-soal.