Definisi Pengertian Politik dan Sistem Politik

Pengertian Politik serta Sistem Politik

Pengertian Politik 

Pengertian Politik berasal berdasarkan bahasa yunani yaitu “polis” yg BerartiNegara Kota. Pada awal mulanya politik berhubungan dengan aneka macam macam aktivitas dalam Negara serta kehidupan Negara. 

Istilah politik dalam ketatanegaraan berkaitan dengan rapikan cara pemerintahan, dasar-dasar pemerintahan, ataupun pada hal kekuasaan Negara. Politik dalam dasarnya menyangkut tujuan-tujuan masyarakat, bukan tujuan eksklusif. Politik umumnya menyangkut aktivitas partai politik, tentara serta organisasi kemasyarakatan. 

Dapat disimpulkan bahwa politik merupakan hubungan antara pemerintah serta rakyat dalam rangka proses pembuatan kebijakan dan keputusan yg mengikat mengenai kebaikan beserta masyarakat yang tinggal pada suatu daerah tertentu. 

Pengertian Sistem Politik 

Menurut Drs. Sukarno, sistem politik merupakan sekumpulan pendapat, prinsip, yg menciptakan satu kesatuan yang berafiliasi satu sama lain buat mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau gerombolan individu satu sama lain atau dengan Negara serta interaksi Negara dengan Negara. 

Sistem politik berdasarkan Rusadi Kartaprawira merupakan prosedur atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan pada struktur politik yg berafiliasi satu sama lain dan menerangkan suatu proses yg langgeng. 
Tentang-soal.