Contoh Tugas Makalah FILSAFAT PENDIDIKAN ALIRAN ALIRAN FILSAFAT

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar belakang

Filsafat kerap kalidipandang menjadi ilmu yg abstrak, padahal filsafat ini sangat dekat sekalidengan kehidupan kita. Filsafat bagi sebagian orang merupakan disiplin ilmuyang kurang diminati, lantaran dianggap menjadi ilmu yg membingungkan. Memanguntuk para pembelajar filsafat taraf pemula umumnya mereka merasa sangatcemas saat mulai memasuki bidang studi ini. Keraguan dan kecemasan inibiasanya pelan-pelan pudar saat telah mulai menekuni bidang ini dan akanterasa lebih menarik lagi ketika sadar bahwa filsafat merupakan bagian yang takterpisahkan dari hidup kita.
Faktor lain yangmenyebabkan orang beranggapan bahwa filsafat itu ilmu yg membingungkan,lantaran pada menyelidiki filsafat kita diarahkan buat memakai metodeberpikir dalam memahami bidang kajian ilmu tersebut. Berbicara tentang berpikirsesungguhnya erat kaitannya menggunakan penggunaan sebuah potensi terpenting yangdianugerahkan Allah SWT pada satu-satunya makhluk yang diklaim manusia. Potensiterpenting yang dimaksud di sini adalah nalar .
Dalam Al-Qur'an istilah logika(al'alqlu) diungkapkan dalam kata kerja, yaitu 'aqaluh 1 ayat, ta'qilun 24ayat, na'qilun 1 ayat, ya'qiluha 1 ayat dan ya'qilun 22 ayat. Semua diungkapdalam bentuk istilah kerja (fi'il) yang mengandung arti memahami dan mengerti.selain itu penggunaan kata nalar pada maknanya sebagai sifat berpikir yangterdapat pada manusia pada pada Al-Qur'an sering jua disamakan menggunakan kata 'ulual albab (orang berpikir), 'ulul al abshar (orang berpandangan) serta kata-katalainnya yg mengandung arti sama yaitu berpikir. ( Sofyan Sauri, 2006: 23-26).
Salah satu contoh ayatal-Qur'an yang di dalamnya masih ada kata logika menjadi sarana buat berpikiradalah firman Allah SWT : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit serta bumi, dansilih bergantinya malam serta siang masih ada indikasi-tanda bagi orang-orang yangberakal”. (QS. Ali-Imran : 190). Menafakkuri ayat di atas, sebagai insan yangtelah dianugerahi Allah potensi yg berharga yaitu logika, kita seyogyanya dapatmengoptimalkan potensi tadi. Salah satu upaya optimalisasi potensi akaltersebut adalah menggunakan mengusut galat satu bidang ilmu yang memang banyakmelibatkan logika menjadi indera buat berpikir yaitu filsafat.
Kajian filsafat itusendiri sebetulnya bertujuan buat menemukan kebenaran yang sebenarnya. Jikakebenaran yg sebenarnya itu disusun secara sistematis, jadilah dia sistematikafilsafat. Sistematika filsafat itu yang kemudian biasanya mempermudah kitauntuk memeriksa filsafat ini secara rinci. Sistematika filsafat biasanyaterbagi atas 3 cabang besar filsafat yaitu teori pengetahuan, teori hakikat,dan teori nilai. Dari ketiga cabang akbar tersebut lahirlah genre-genre dalamfilsafat. (Tafsir, 2002 : 21) Oleh karenanya, melalui makalah ini penyusunmencoba menguraikan secara sistematis bidang kajian filsafat yg intinyaberisi tentang cabang-cabang besar menurut teori-teori di atas dan membahas secaragaris besar mengenai aliran-genre pada filsafat disertai bagaimana jalinantiga disipilin ilmu yaitu pengetahuan, filsafat dan kepercayaan .

Download lengkapnya dibawah ini

Tentang-soal.