Contoh PROPOSAL KEGIATAN PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG

I. PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang

Kebutuhan asal proteinhewani khususnya daging sapi dari tahun ketahun terus semakin tinggi seiring menggunakan pertumbuhan penduduk yang sangatpesat, tingkat pengetahuan serta tarafhidup masyarakat yg lebih baik, hal ini berdampak langsung dalam kebutuhandaging secara nasional belum dapat terpenuhi dari dalamnegeri sehingga pemerintah masih wajib mengimfort dari negara lain yangtentunya akan membebani keuangan/devisa negara. Untuk menanggulangi kekurangan kebutuhan asal protein hewani seperti dagingsapi pemerintah dalam hal inikementerian pertanian mencanangkan acara percepatan pencapaian suwasembada daging sapi dalam akhir tahun2019sebagai upaya buat memenuhi kebutuhan daging sapi pada negeri.

Untuk mendukung acara percepatan tadi dalam akhirtahun2019 kementerian pertanianmelaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain pengembangan pembibitan ternak sapi, perbaikan mutu ternak sapi melalui Inseminasi Buatan(IB), penyebaran pejantan (INKA) dan lain-lain.
Desa Kondoano Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatanmempunyai potensi asal daya alam dan asal daya Manusiayang sangat mendukung untuk pengembangan pembibitan dan budidaya ternak sapipotong antara lain:

1. Sumber daya alam
- hijauanmakanan ternak tersedia.
- banyak limbah pertanian yg dapat dimanfaatkansebagai pakan ternak
- lahan pengembalaan tersedia.
- sumberair minum tersedia.
- peternakmasing-masing telah mempunyai sangkar sapi.

2. Sumber daya manusia
- Peternak telah homogen-rata berpengalaman memelihara ternak sapi.
- pengetahuan serta keterampilan beternak sapi sudah relatif.
- petugaspenyuluh pertanian serta peternakan tersedia.
- peternaksudah tergabung dalam kelompok tani.
Tentang-soal.