Iklan Responsive

Contoh Makalah RADANG TELINGA PADA ANAK

RADANG TELINGA PADA ANAK
MAKALAH
Disusun guna memenuhi syarat lulus mata kuliah bahasa Indonesia
P201301164


KELAS M3
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MANDALA
WALUYA KENDARI
KENDARI 
JANUARI2019



KATA PENGANTAR

Aalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

                Puji syukur kehadirat allah SWT yang telah memberi taufik,hidayahnya serta inayahnya sebagai akibatnya kita semua bias beraktivitas sebagaimana misalnya biasanya termasuk menggunakan penulis.sehingga penulis bias merampungkan tugas pembuatan makalah bahasa indonesia dengan judul “RADANG TELINGA PADA ANAK
                Makalah ini pada susun agar para pembaca bisa menambah wawasan serta memperluas ilmu pengetahuan yang terdapat,yg kami hidangkan pada pada sebuah susunan makalah.penulis juga poly terimah kasih pada Bapak Dosen yg telah membing penulis sehingga sanggup menciptakan makalah yg baik serta sahih yang sinkron menggunakan ketentuan.
               Semoga makalh ini mampu bermanfaat buat para pembaca,serta tidak lupa penulis mohon maaf atas kekurangan pada sana sini dari makalah yang penulis buat.



ABSTRAK
       Pengobatan :
Anak  yang mengalami radang pendengaran sebaiknya langsung pada bawa ke dokter,buat mengetahui hingga sejauh mana peradangan terjadi.tetapi pengobatan yang acapkali  di lakukan ialah memberikan obat-obat antibiotic.pada waktu inspeksi,dokter merogoh sebagaian menurut cairan yang terkena bakteriologis.dengan inspeksi jenis ini bakteri bisa di ketahui dengan jelas,sebagai akibatnya mudah buat mengobatinya.jika ternyata sehabis pada berikan pengobatan yang benar,infeksi masih terus berlangsung,umumnya dokter akan menyarankan pulang ke dokter spesialis THT buat bekonsultasi lebih lanjut.

Pencegahan:
Sebagai tindakan pencegahan agar anak anda tidak terkena radang telinga,ini dia beberapa tip yg perlu ditindaklanjuti:
  1. Segera berobat apabila anak anda mengalami batuk dan pilek yg tak kunjung sembuh,atau  batuk dan pilek menggunakan rasa tidak lezat pada telinga.
  2. Minumlah obat berdasarkan dokter sampai habis apabila anak anda mengalami batuk pilek.
  3. Laranglah anak buat mengorek indera pendengaran,apalagi menggunakan benda tajam.
  4. Hindari perjalanan ke pegunungan atau naik pesawat terbang selama batuk serta pilek.                                      
         Kata kunci :pencegahan,pengobatan.





BAB I 
PENDAHULUAN
1.latar  belakang 
Sebagai indra pendengar, indera pendengaran adalah galat satu indra yang memiliki peranan krusial pada tubuh. Indra ini terdiri berdasarkan 3 bagian. Yaitu bagian luar yg terletak di sisi kepala, indera pendengaran bagian tengah, serta indera pendengaran bagian pada. Telinga luar berupa kulit seperti kulit kita dalam areanya meliputi dari liang telinga hingga gendang telinga. Area indera pendengaran meliputi gendang pendengaran hingga hampir masuk kerumah siput. Sedangkan indera pendengaran bagian pada meliputi rumah siput sampai bagian pada. Lubang dalam telinga ditumbuhi  bulu-bulu halus yang berfungsi mencegah masuknya benda-benda asing. Namun sering kita jumpai anak mini mengalami peradangan dalam indera pendengaran,yg biasa terjadi pada tekinga bagian tengah. Mengapa hal ini tak jarang terjadi?

Umumnya anak yg menderita radang indera pendengaran cenderung buat mengalami radang pada seluruh alat pernafasan bagian atas yaitu hidung serta tenggorokan. Selaput lendir yang masih ada pada hidung dan tenggorokan.

Salah satu penyebab mengapa anak kecil gampang terkena radang indera pendengaran  ialah karena hidung anak umur satu tahun ukurannya lebih kecil dan nir mekar. Selain itu tuba eustachius saluaran yang langsung menghubungkan pendengaran dan tenggorokan pada anak kecil pendek jaraknya serta letaknya pun mendatar. Kelemahan anotomis inilah yg menciptakan sulitnya pengeluaran cairan dan menyebabkan anak gampang terkena infeksi. Bila nak kecil terkena radan dalam tenggorokan, maka radan ini dengan cepat akan menjalar ketelinga tengah melalui tuba eustscchius 


Telinga adalah organ yg kompleks. Telinga terdiri dari 3 daerah primer. Pertama, telinga luar buat melindungi gendang pendengaran dari kerusakan langsung. Telinga tengah adalah rongga berisi udara yg menghubungkan ke bagian belakang hidung melalui tabung Eustachio, yang akan terbuka bila Anda menelan atau menguap. Yang terakhir 
adalah tulang kecil yang mengirimkan getaran dari gendang telinga ke telinga bagian pada atau koklea.

Kesehatan pendengaran krusial buat kita jaga. Selain membebaskan kita berdasarkan rasa sakit dan infeksi, juga menyelamatkan telinga berdasarkan kerusakan.

Sayang, tidak banyak orang yang memahami bagaimana cara merawat pendengaran dengan baik. Sebagai contoh, berharap memiliki indera pendengaran yang higienis, seseorang menggunakan frekuensi sering memakai cotton bud buat membersihkannya. Padahal, terlalu seringkali membersihkan indera pendengaran bisa menyebabkan infeksi dan kerusakan pendengaran sampai permanen.

Dilanisir dari halaman Daily Mail, Sabtu, 25 Juni 2011, ini dia beberapa saran yang mampu Anda lakukan buat mendapatkan indera pendengaran yg sehat.

1. Telinga bagian luar dirancang sebagai loka yg gampang buat dibersihkan. Cotton bud yang biasa Anda gunakan bukan berfungsi membersihkan, melainkan malah mendorong kotoran telinga semakin pada. Cara yg paling baik merupakan menggunakan memakai air dan sabun. Sebab, pendengaran dengan sendirinya akan mendorong kotoran keluar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun buat melunakkan kotoran telinga.

2. Jangan risi menggunakan perubahan warna kotoran pendengaran Anda. Tekstur serta rona dapat tidak sama pada setiap orang. Bisa lembut atau keras, sanggup berwarna oranye atau kecokelatan. Namun, apabila sudah berwarna hijau dan kental, tandanya telinga Anda mengalami infeksi. Dan itu harus segera diobati.

3. Jangan pernah menggaruk pendengaran saat terasa gatal. Rasa gatal mampu diakibatkan sang eksim atau psoriasis. Segera ke dokter buat menerima pengobatan.

4. Tiap jenis infeksi dalam indera pendengaran membutuhkan penanganan dari dokter pakar. Ada dua jenis infeksi, yakni dalam pendengaran luar dan telinga tengah. Untuk bagian luar biasanya terjadi lantaran terkena air kotor. Telinga menjadi sakit, bengkak, atau bahkan bernanah. Biasanya, diobati menggunakan tetesan antibiotik. Sementara itu, buat bagian tengah, terkadang bisa berdampak jelek dalam gendang pendengaran. Gendang indera pendengaran mampu pecah. Biasanya, penderita diberi resep tablet antibiotik selain menggunakan resep obat tetes.

5. Rasa nyeri yg ada bukan semata-mata karena pendengaran Anda bermasalah, tetapi sanggup lantaran Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Tapi, saat Anda merasa nyeri pada indera pendengaran, terdapat baiknya Anda konsultasikan dalam dokter.

6. Pendengaran Anda mampu berkurang karena faktor usia. Namun, apabila usia bukan penyebabnya, segera konsultasikan kepada dokter. Pendengaran berkurang secara mendadak bisa lantaran kerusakan sel-sel rambut.

7. Mendengarkan musik menggunakan keras serta pada saat yang lama bisa menghambat sel-sel rambut. Akibatnya, indera pendengaran Anda pun lama -kelamaan berkurang.

8. Ada beberapa hal yg mampu menyebabkan indera pendengaran Anda berkurang. Pertama, tamparan pada pendengaran yang mengakibatkan gendang telinga berlubang. Biasanya, membran akan sembuh menggunakan sendirinya pada 6 minggu. Tapi, telinga wajib tetap kering agar infeksi tidak semakin parah. Selain itu,  dipukul di bagian telinga ketika sedang berenang pula menjadikan dalam berkurangnya telinga. Sebab, air dipaksa masuk ke dalam telinga. Trauma serta patah tulang tengkorak acapkali kali merusak indera pendengaran bagian pada. Akibatnya, bisa mengurangi pendengaran seseorang.

9. Saat melakukan bepergian dengan pesawat pun pendengaran terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda sanggup menutup hidung serta meniup indera pendengaran menggunakan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.[muslimdaily.net/temp]

Pendapat Para Ahli
Menurut para ahli Medis, lubang indera pendengaran anak itu ditumbuhi bunga Dandelion yang telah berukura 2cm. Mereka melakukan tindakan  operasi buat membuangnya berdasarkan telinga ranran. Dokter menyampaikan bunga dandelion sudah tunbuh ddi telinga ranran serta hampir menutup saluran telinganya secara total.

2.rumusan Masalah

1.bagaimana Patofisiologi radang pendengaran dalam anak.
2.bagaimana tehnik Preventif radang indera pendengaran dalam anak.


3.   Ruang lingkup Masalah

1.bagaimana Etiologi radang telinga pada anak.
3.bagaimana gejalah radang telinga dalam anak.
4.bagaimna resiko radang telinga dalam anak.
5.bagaiman tehnik kuratif radang pendengaran dalam anak.
6.bagaimana tehnik preventif radang indera pendengaran anak secara medis dan non medis



4.   Tujuan Penulisan 

1.tujuan umum

a)Menjelaskan Patofisologis radang pendengaran dalam anak.
b)Menjelaskan tehnik Preventif pada anak-anak.

2.tujuan khusus

a)Menjelaskan Etiologi radang telinga pada anak. 
b)Menjelaskan sejarah radang indera pendengaran pada anak.
c)Menjelaskan resiko radang telinga dalam anak.
d)Menjelaskan tehnik kuartif radang telinga pada anak
e)Menjelaskan tehnik preventive radang telinga dalam anak. Secara medis dan non medis



BAB II
PEMBAHASAN


1.   Patofisiologi Radang Telinga Pada Anak

(a).  Definisi Radang Telinga
Telinga dari kamus akbar bahasa Indonesia yaitu organ indera pendengaran. Dalam istilah, Telinga adalah indera indra yg memiliki fungsi buat mendengar suara yg ada di lebih kurang kita sebagai akibatnya kita dapat mengetahui mengindentivikasi aapa yg terjadi pada sekitar kita tanpa wajib melihatnya dendan mata ketua kita sendiri, 
Bagian-bagian telinga
Telinga tersusun dari tiga daun indera pendengaran yaitu indera pendengaran luar, telinga tengah, pendengaran pada.
a.telinga Luar
Teliga luar terdiri berdasarkan daun pendengaran, saluran luar, serta membrane timpani (gendang pendengaran)
b.    Telinga Tengah
bagian ini meupakan rongga yang berisi udara buat menjaga tekanan udara agar permanen seimbang
c.   Telinga Dalam
Bagian ini adalah susunan yg rumit, terdiri berdasarkan labirin tulang labirin membran.

(b).  Radang Telinga Pada Anak
a.pendengaran terasa sakit kalau anak sudah sanggup bicara, pasti beliau akan mengeluhkan hal ini.
b.kesulitan tidur.
c.demam
d.kesulitan mendengar
e.nafsu makan akan turun
f.ada cairan yang keluar menurut telinga

Untuk menghindari terjadi infeksi telinga
a.jangan member minum, baik botol juga, menggunakan posisi tidur mendatar tanpa bantal penyangga.
b.batasi pengguna Dot.






BAB III
PENUTUP


KESIMPULAN :
 menjadi indra pendengar,telinga merupakan galat satu indra yg memiliki peranan krusial dalam tubuh.indra ini terdiri menurut 3 bagian,yaitu bagian luar terletak di sisi ketua,telinga bagian tengah,serta pendengaran bagian pada.


SARAN :
Segera berobat apabila Anak mengalami batuk serta pilek yg tidak kunjung sembuh,atau batuk dan pilek menggunakan rasa tidak enak di telinga serta minumlah obat dari dokter hingga habis,



Daftar pustaka.
Badriyah,Fase serta Diati,Putri Bning.2004.be Smart,Girl.jakarta:GIP
Bobak dkk.2000.perawatan Maternitas. Bandung:yayasan IAPKP
Brizendine,Louann.2010.male Brain.jakarta: Ufuk Press




Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel